Pekanbaru (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatogi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru memperingatkan pemudik yang melalui jalan lintas barat untuk berhati-hati karena rawan longsor.

"Intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini membuat jalur lintas barat seperti Kampar, Rokan Hulu dan Taluk Kuantan rawan terhadap longsor. Apalagi sepanjang jalan lintas tersebut banyak terdapat kawasan perbukitan," ujar Staf BMKG Pekanbaru, Aristya Ardhitama, di Pekanbaru, Selasa.

Ia mengatakan, pemudik harus mewaspada jalan lintas tersebut terutama pada sore hingga malam hari.

"Yang lebih membahayakan lagi, hujan lebat terjadi secara tiba-tiba," jelasnya.

Kondisi ini,lanjut Aris, disebabkan saat ini sedang memasuki musim penghujan. Dan cuaca buruk yang melanda Riau saat ini juga terjadi di seluruh Indonesia.

"Sedangkan, untuk penerbangan tidak ada masalah. Beberapa hari lalu sempat dikhawatirkan adanya kabut yang akan mengganggu penerbangan. Namun, sekarang tidak lagi. Begitu juga untuk pelayaran dimana kondisi gelombang masih dalam batas normal," kata dia.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau, SF Arianto, mengatakan pihaknya sudah melakukan antisipasi disejumlah titik rawan longsor di Riau.

"Alat-alat berat sudah disediakan di sejumlah titik. Ada dua titik yang perlu diwaspadai karena rawan longsor yakni Rantau Berangin di Kampar dan Taluk Kuantang di Kuansing," kata dia.

Meski demikian, pihaknya mengimbau pemudik untuk tidak risau dengan kondisi cuaca yang kurang bersahabat seperti saat ini.

"Petugas dan peralatan sudah berada di posko-posko yang sudah ditentukan. Kita harap kenyamanan pemudik tidak akan terganggu," demikian Arianto.
(T.KR-IND/S006/P003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2010