Jakarta (ANTARA News) - Pelanggan T-Mobile dan Orange mulai sekarang bisa mudah menggunakan dua jaringan perusahaan itu setelah keduanya menjalin merger, itu sudah diumumkan.

Mulai bulan depan 30 juta pelanggan perusahaan akan dapat melakukan panggilan dan mengirim teks pada jaringan kedua perusahaan, tanpa biaya tambahan.

Langkah itu adalah manfaat nyata yang pertama bagi pelanggan setelah penggabungan dua raksasa ponsel itu menjadi Everything Everywhere - perusahaan komunikasi terbesar di UK.

Pelanggan yang terdaftar untuk akses kedua jaringan akan mendapatkan keuntungan tidak dipungut biaya tambahan, tanpa perubahan tarif, untuk biaya teks atau panggilan.

Bagi mereka yang kehilangan sinyal pada satu jaringan akan secara otomatis mengambil sinyal dari jaringan lainnya dimana jaringan itu tersedia.

Sistem baru akan diluncurkan langsung pada lima Oktober untuk pelanggan dua perusahaan yang mendaftarkan untuk layanan bebas 'roaming'.

Tom Alexander, CEO Everything Everywhere - perusahaan yang menjalankan Orange dan T-Mobile berkata: "Ini adalah awal dari sebuah rencana ambisius untuk memberikan pelanggan akses cepat ke apa yang mereka inginkan, di mana pun mereka - akses cepat ke segalanya di mana-mana.

"Bulan depan, kami akan memberikan hampir separuh penduduk Inggris kesempatan untuk menggunakan ponsel mereka di lebih banyak tempat daripada sebelumnya.

"Selain terus mendapatkan keuntungan dari jaringan yang sudah ada, pelanggan Orange akan dapat melakukan panggilan dan mengirim teks pada jaringan T-Mobile dan pelanggan T-Mobile akan dapat melakukan hal yang sama dengan menggunakan jaringan Orange.

Dia menambahkan: "Ini adalah keuntungan utama konsumen yang pertama dari penggabungan antara Orange dan T-Mobile, dan memberikan pengalaman yang tak tertandingi dan unik yang tidak dapat ditawarkan operator lain."

Tahun depan pelanggan secara otomatis akan pindah ke dua jaringan yang memiliki sinyal kuat sementara mereka berada di tengah panggilan, data yang disempurnakan dan cakupan Internet.

Sekarang kemampuan untuk beralih jaringan akan dibatasi oleh panggilan 2G sehingga mereka yang menggunakan ponsel browsing Internet tidak akan mendapatkan keuntungan, demikian Daily Mail.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010