Washington (ANTARA News/AFP) - Dua orang senator Partai Repuplik Amerika Serikat, Kamis, meminta seorang pastor dari Florida untuk membatalkan rencananya membakar ratusan Al Quran --kitab suci umat Islam.

Mereka memperingatkan bahwa aksi itu dapat membahayakan keselamatan pasukan Amerika Serikat di luar negeri.

"Ancaman pastor (Terry) Jones untuk membakar Al Quran akan menempatkan keamanan para prajurit Amerika baik pria maupun wanita dalam bahaya -- demi mereka tolong jangan lakukan itu,!" tulis kandidat presiden dalam pemilihan umum 2008, John McCain, pada akun Twitter-nya (layanan jejaring sosial).

Sementara itu anggota Senat Partai Republik Mitch McConnell memperingatkan bahwa aksi itu beresiko membahayakan pasukan Amerika Serikat di lapangan, dan mendesak media untuk menahan diri di tengah-tengah kecaman dunia internasional pada rencana pastor itu.

"Jika kelompok ini memaksa untuk terus melakukan rencananya, saya harap media tidak akan meberi mereka dengan apa yang sangat mereka inginkan: Pemberitaan," kata McConnell dalam pernyataannnya.

Komentar McCain itu mencapai sekitar 1,7 juta pengikut Twitternya sehari setelah rekan pencalonannya dalam pemilihan presiden 2008, Sarah Palin, mengatakan dalam akun Facebook-nya --laman jejaring sosial-- bahwa rencana pembakaran Al Quran seharusnya tidak dilanjutkan ditengah-tengah kecaman dunia internasional.

McCain dan McConnell adalah tokoh tingkat tinggi Partai Republik yang terbaru yang memberikan peringatan atas rencana pembakaran kitab suci umat Islam itu dalam sebuah acara untuk memperingati sembilan tahun serangan 11 September 2001 oleh jaringan Al Qaeda.

Pada Rabu, Tokoh Republik yang lain John Boehner berkata kepada televisi ABC bahwa "hanya karena anda memiliki hak untuk melakukan sesuatu di Amerika tidak berarti itu adalah hal yang benar untuk dilakukan."

"Kami adalah negara dengan kebebasan beragama. Kami juga sebuah negara dengan toleransi. Dan saya kira atas nama toleransi, orang harus benar-benar berpikir mengenai aksi-aksi yang akan dilakukannya," kata Boehner.

"Saya hanya berpikir jika ini tidak bijak dilakukan di hadapan apa yang betul-betul diwakili oleh negara ini," kata Boehner.

Sejumlah tokoh utama Partai Republik tidak memberikan komentar, termasuk mantan presiden George W Bush, yang selama delapan tahun menjabat bekerja keras meredakan perilaku tidak baik terhadap umat Islam di Amerika Serikat.

Boehner dan Palin, masing-masing mengatakan bahwa sebagaimana rencana Jones, sebuah proyek untuk membangun pusat masyarakat dengan sebuah masjid di dalamnya, sekitar dua blok dari lokasi serangan 11 September di New York City sebagai tidak layak.(*)
(Uu.G003/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010