Jakarta (ANTARA News) - Polda Metro Jaya memberlakukan sistem satu arah lalu lintas ke di sejumlah tempat rekreasi di Ibukota Jakarta untuk menghindari kemacetan akibat membludaknya pengunjung pada H+1 dan H+2 Lebaran 2010.

"Di Kawasan Kabun Binatang Ragunan menjadi salah satu titik yang dikenakan sistem satu arah," kata Koordinator Traffic Management Center Polda Metro Jaya, Komisaris Polisi Indra Jafar, di Jakarta, Sabtu.

Pada hari H Lebaran 2010 (10/9), jumlah pengunjung di Ragunan mencapai 25.940 orang, diperkirakan mencapai 110.000 orang pada H+1 dan H+2.

Indra menuturkan, pihak Polda Metro Jaya juga menurunkan sekitar 445 anggotanya dalam melakukan sistem tersebut.

Menurutnya, anggota kepolisian akan disebar didelapan titik sekitar kebun binatang Ragunan, seperti di lampu merah Trakindo, lampu merah Mangga Besar.

Selanjutnya lampu merah Pertanian, Pertigaan Jati Padang / Kebagusan, Pertigaan Jl. Cilandak KKO, Pintu Masuk Utama, Pintu TImur, dan Pintu masuk Belakang/ barat.

Pemberlakuan sistem satu arah akan dibagi dalam 2 rentang waktu, masing-masing pukul 09.00-15.00 WIB dan setelah pukul 15.00 WIB.

Selain mobil pengunjung dan bis umum, jalur Busway juga ada pengalihan.

Busway koridor VI yang datang dari arah Mampang, di lampu merah Pertanian akan diarahkan belok kiri kemudian memutar balik di bawah flyover Jagakarsa, penumpang diturunkan sebelum lampu merah pertanian.

Selepas itu busway kembali berjalan dan kembali memutar arah di lampu merah Trakindo untuk selanjutnya kembali ke arah Mampang.

Dari pukul 09.00-15.00 WIB akses masuk menuju kebon binatang Ragunan akan melalui Pintu Utama / Pintu Utara melalui lampu merah Pertanian, jalan RP. Harsono dijadikan satu arah, satu jalur untuk pejalan kaki, satu jalur untuk kendaraan, kemudian keluar melalui pintu belakang / pintu barat.

Sementara itu, setelah pukul 15.00 akan dilakukan sebaliknya, akses masuk kendaraan dan pejalan kaki menuju kebun binatang Ragunan akan di arahkan melalui Pintu barat/ belakang ( lampu merah Trakindo - Jl. Cilandak KKO - Pintu belakang ) kemudian keluar melalui pintu utara / pintu utama - Jl. RP Harsono - lampu merah Pertanian.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010