Playoff NBA

Jazz atasi awal buruk untuk ungguli sementara Clippers 1-0

Jazz atasi awal buruk untuk ungguli sementara Clippers 1-0

Pemain Utah Jazz Donovan Mitchell bersiap memasukkan lemparan di tengah hadangan pemain Los Angeles Clippers Reggie Jackson dalam semifinal Wilayah Barat di Vivint Smart Home Arena, Salt Lake City, Utah, AS (8/6/2021). ANTARA/Getty Images via AFP/Alex Goodlett/aa.

Jakarta (ANTARA) - Donovan Mitchell mencetak 32 dari total 45 poin yang dia ciptakan pada paruh kedua ketika Utah Jazz bangkit untuk berbalik mengalahkan Los Angeles Clippers 112-109 di Salt Lake City, Selasa (Rabu WIB) untuk memimpin 1-0 dalam semifinal playoff NBA Wilayah Barat.

Setelah Jazz bangkit pada paruh kedua untuk unggul dalam selisih 10 poin pada kuarter keempat usai tertinggal sampai 14 poin, Clippers bangkit pada saat-saat akhir untuk memaksakan overtime.

Tetapi pertahanan Utah mencegah hal itu terjadi. Rudy Gobert, yang favorit memenangkan Pemain Defensif Terbaik dalam playoff musim ini, memblok lemparan tiga angka Marcus Morris pada saat-saat terakhir setelah Jazz mementahkan upaya Kawhi Leonard dan Paul George. Gobert total mencetak 10 poin, 12 rebound dan dua blok.

Jazz pun memimpin semifinal playoff ini sekalipun tak diperkuat point guard All-Star Mike Conley yang menepi karena mengalami masalah hamstring kiri.

Selain Mitchell, Bojan Bogdanovic dan Jordan Clarkson membantu mengatasi kurang ofensifnya permainan dengan masing-masing mengemas 18 poin, sedangkan Joe Ingles mengemas delapan poin dan tujuh assist.

Baca juga: 40 poin Embiid bantu Sixers samakan kedudukan 1-1 lawan Hawks
Baca juga: Nikola Jokic dinobatkan sebagai MVP NBA


Leonard memimpin Clippers dengan 23 poin, George menambahkan 20 poin, tapi kedua pemain tak begitu bagus dalam lemparannya karena Leonard hanya bisa memasukkan 9 dari total 19 lemparan, sedangkan George berhasil pada 4 dari total 17 lemparan. Luke Kennard berperan dalam besar bagi Clippers dalam laga ini sekalipun bintang-bintangnya tidak secemerlang biasanya.

Jazz beristirahat selama enam hari sejak mengalahkan Grizzlies 4-1 dalam babak pertama dan mereka tampil relatif buruk pada sebagian besar masa paruh pertama. Sedangkan Clippers hanya memiliki waktu istirahat dua hari setelah mengandaskan Dallas Mavericks dalam tujuh gim pada babak pertama playoff. Mereka tampil kuat pada dua kuarter pertama.

Utah tertinggal 18-25 sampai akhir kuarter pertama setelah hanya bisa memasukkan lima dari total 28 lemparan. Clippers terus menekan pada kuarter kedua hingga memimpin 60-47 sampai paruh pertama berakhir berkat kepiawaian memasukkan lemparan tiga angka setelah sebelas dan 23 lemparan tiga angkanya masuk basket.

Mitchell lalu merajalela pada kuarter ketiga sehingga membantu Utah membalikkan keadaan setelah Clippers memimpin 60-47 pada paruh pertama. Mitchell membukukan 16 poin pada kuarter ketiga ini, termasuk 10 poin pertama Jazz dan mengantarkan Utah berbalik unggul 72-71 berkat fast break yang memanfaatkan umpan Royce O'Neale.

Mengutip laporan Reuters, Jazz memanfaatkan dua lemparan tiga angka berturut-turut dari Mitchell dan Clarkson untuk menjauh dalam selisih enam poin pada kuarter keempat dan kemudian unggul sampai 10 poin.

Baca juga: NBA denda Presiden 76ers Daryl Morey soal cuitannya di Twitter
Baca juga: Suns ambil alih kuarter ketiga untuk menangi seri pembuka atas Nuggets
Baca juga: Pelatih Knicks Thibodeau dinobatkan sebagai pelatih terbaik NBA

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Berlatih basket bersama pemain NBA Jason Anthoney Richardson

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar