Kemendes PDTT diminta revitalisasi kawasan transmigrasi di Merauke

Kemendes PDTT diminta revitalisasi kawasan transmigrasi di Merauke

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar (kiri) menerima audiensi Wakil Bupati Merauke, Provinsi Papua, H. Riduwan dan Wakil Ketua DPRD Merauke Al Mar'atus Solikah di Jakarta, Kamis (10/06/2021). (FOTO ANTARA/HO-Kemendes PDTT)

Merauke itu surplus beras dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Namun, tidak terserap maksimal oleh pasar ditambah produksi kurang bagus karena tidak adanya program pengeringan
Jakarta (ANTARA) - Wakil Bupati Merauke, Provinsi Papua, H Riduwan meminta Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) untuk merevitalisasi kawasan transmigrasi di Kabupaten Merauke.

"Pertumbuhan ekonomi di kawasan transmigrasi harus selaras dengan pertumbuhan ekonomi di desa-desa sekitarnya," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, saat bertemu dengan Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar.

Revitalisasi itu, kata dia, diyakini bisa mengurangi kesenjangan sosial yang ada di masyarakat.

Ia menyatakan bahwa revitalisasi termasuk soal perbaikan infrastruktur jalan dan perumahan yang kondisinya sudah tidak layak huni.

Riduwan mengatakan Merauke itu surplus beras dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Namun, tidak terserap maksimal oleh pasar ditambah produksi kurang bagus karena tidak adanya program pengeringan.

"Semoga nantinya ada program Kemendes PDTT untuk Kabupaten Merauke," katanya.

Pada Kamis (10/6), Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar menerima kunjungan Wakil Bupati Merauke H Riduwan dan Wakil Ketua DPRD Al Mar'atus Solikah di ruang kerjanya.

Baca juga: Pemprov Papua kirim 70 ton beras dari Merauke ke PNG
​​​​​​​


Kedatangan keduanya memaparkan perkembangan program pembangunan yang telah dilaksanakan di daerah ujung timur Indonesia itu, termasuk perkembangan daerah transmigrasi yang berada di wilayah itu.

Mendes PDTT merasa perlu memberikan perhatian ke Merauke karena memang di wilayah itu banyak kawasan transmigrasi yang memang perlu diberikan sentuhan program dari Unit terkait di Kemendes PDTT.

Bahkan Halim Iskandar sempat menyatakan kesediannya untuk menyambangi Merauke dengan menyesuaikan jadwal kunjungannya.

"Yah nanti saya akan kesana kunjungi Merauke," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya.

Ia kemudian menyerahkan buku SDGs Desa kepada Riduwan dan berharap pemutakhiran data desa di Merauke segera tuntas.

Kabupaten Merauke terdiri atas 20 distrik, 11 kelurahan, dan 179 kampung dengan luas wilayah 46.791,63 km persegi dan jumlah penduduk 447 juta jiwa.

Baca juga: Menteri Desa: transmigrasi ke Papua akselerasi pembangunan

Baca juga: Bupati Merauke: Papua layak jadi lumbung pangan nasional

Baca juga: AMPB sebut transmigrasi salah satu solusi atasi konflik Papua
​​​​​​​
​​​​​​
Baca juga: 60.000 ton beras petani Merauke terancam tidak terjual


 

Pewarta: Zubi Mahrofi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Kemendes PDTT & KIP kerja sama keterbukaan informasi publik di desa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar