Teten yakin milenial mampu dorong UMKM ke pasar dunia

Teten yakin milenial mampu dorong UMKM ke pasar dunia

Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki berbincang bersama Staf Khusus Presiden Putri Tanjung di The Hallway Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (11/6/2021). ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi.

UMKM harus sudah mulai melakukan research and development agar bisa mengikuti tren produk dunia, tak hanya pasar nasional
Bandung (ANTARA) - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki yakin generasi muda atau milenial mampu mendorong produk UMKM masuk ke pasar dunia.

"Kelompok anak muda generasi milenial ke depan yang bisa mendorong kemajuan UMKM kita berkiprah di pasar global," kata Teten saat berkunjung ke The Hallway Pasar Kosambi, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat.

Teten melihat banyak juga pelaku usaha mikro yang efektif memanfaatkan ceruk pasarnya di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan lainnya.

"Saya yakin mereka bakal berkembang bagus di pasar media sosial, bukan e-commerce," kata dia.

Oleh karena itu, Teten berharap UMKM harus mampu bergerak dinamis dan cepat beradaptasi dengan perubahan zaman. Di antaranya, melakukan pemasaran digital secara efektif.

"UMKM harus sudah mulai melakukan research and development agar bisa mengikuti tren produk dunia, tak hanya pasar nasional," kata dia.

Menurut Teten, kedepannya di dunia ini hanya akan terbentuk satu market saja yakni, pasar digital yang merupakan bagian dari ekonomi global.

Untuk itu, Teten juga mendorong agar para UMKM bisa membuat produk unggulan yang memiliki kekhasan dan juga unik agar bisa bersaing dengan produk mancanegara.

"Artinya, kita harus mampu membangun produk unggulan kita," kata Teten.

Baca juga: Mendag prediksi ekonomi digital RI tumbuh delapan kali lipat pada 2030
Baca juga: Presiden minta jajarannya proaktif dampingi UMKM masuk e-commerce
Baca juga: Teten sebut masalah UMKM terkait penyaluran dan jaminan pembiayaan

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Menkop UKM: Koperasi belum jadi pilihan utama ekonomi rakyat

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar