Palu (ANTARA News) - Pasangan Anwar Ponulele-Fredy Lodi Djaru yang diusung Partai Golkar terpuruk dalam perolehan suara sementara Pilkada Sigi, Sulawesi Tengah, meski partai beringin rimbun ini menang dalam Pemilu legislatif 2009 lalu.

Hasil perhitungan suara yang diperoleh dari 38 TPS tersebar di Kecamatan Marawola, Dolo, Dolo Barat, Sigi Biromaru, Kamis, pasangan Anwar-Fredy hanya berada di posisi keempat dengan perolehan 743 suara atau delapan persen dari total suara sah 9200.

Pasangan Ridwan Yalidjama-Edison Kindangen yang diusung PKS, Barnas, PMB, dan Patriot unggul di posisi puncak dengan 3.568 suara (39 persen), menyusul kandidat yang diusung koalisi PDIP, PDS, PBR, dan Republika, Aswadin Randalembah-Livingstone Sango dengan raihan 2.146 suara (23 persen).

Selanjutnya duet Rizali Djaelangkara-Ajub Willem yang dijagokan Partai Demokrat, PAN, PKPI dan PPRN meraup 1.947 suara (21 persen), mengekor diposisi kelima pasangan Helmy Zaenong-Anwar yang maju melalui jalur perseorangan meraih 604 suara (tujuh persen).

Pasangan Sulmin Tenggo-Elisa Subainda yang dicalonkan 14 parpol non-kursi tergabung dalam Koalisi Sigi Membangun berada diurutan juru kunci dengan 192 suara (dua persen).

Dari data 38 TPS, Ridwan-Edison berjaya di 25 TPS, Aswadin-Livingstone unggul di enam TPS, Rizali-Ajub enam TPS, dan Helmy-Anwar hanya satu TPS. Di luar dugaan kandidat Golkar, Anwar-Fredy dan pasangan Sulmin-Elisa tidak merebut kemenangan pada TPS yang dipantau tersebut.

Sementara Ketua DPC PDIP Sigi Ridwan Abdullah mengklaim kandidat yang diusung partainya, pasangan Aswadin-Livingstone meraih suara 31,8 persen, disusul Rizali-Ajub 28,6 persen, Ridwan-Edison 26,83 persen, dan Anwar-Fredy 14,94 persen. Perolehan suara pasangan Helmy-Anwar dan Sulmin-Elisa di bawah 10 persen.

Ketua DPD Golkar Sigi Arena Parampasi menolak mengomentari perolehan suara kandidatnya dengan dalil suara yang masuk belum menggambarkan 15 kecamatan.

Sebanyak 147.657 penduduk Sigi terdaftar dalam daftar pemilih tetap Pilkada Sigi yang tersebar di 156 desa/kelurahan pada 15 kecamatan.(ANT-243/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010