Washington (ANTARA News/AFP) - Jumlah orang yang hidup dalam kemiskinan di Amerika Serikat melonjak tahun lalu menjadi 43,7 juta, jumlah tertinggi sejak Badan Sensus Amerika Serikat mulai mengumpulkan data orang miskin Amerika.

Hampir empat juta orang lebih di Amerika Serikat hidup di bawah ambang kemiskinan pada 2009 dibandingkan tahun sebelumnya, atau kurang dari 22.000 dolar per tahun untuk setiap keluarga dari empat, kata Kepala Divisi Perumahan dan Ekonomi Rumah Tangga Biro Sensus AS, David Johnson kepada wartawan, Kamis.

Tingkat kemiskinan meningkat dari 13,2 persen pada 2008 menjadi 14,3 persen pada 2009 -- atau satu dari tujuh orang - mencapai tingkat tertinggi sejak 1994, kata Johnson sewaktu Biro Sensus mengumumkan laporan tahunan tentang kemiskinan, asuransi dan pendapatan.

"Tapi tingkat itu 8,1 persentase poin lebih rendah dari tahun 1959, tahun pertama estimasi tersedia," katanya.

Peningkatan pengangguran disalahkan oleh Johnson menjadikan angka kemiskinan yang tinggi, meskipun ia menolak untuk berspekulasi mengenai "penyebab yang sebenarnya."

Juga terkait dengan tingkat pengangguran tinggi jumlah penduduk tanpa asuransi kesehatan. Itu juga mencapai rekor, menyapu melewati tanda 50 juta tahun lalu untuk pertama kalinya, kata Johnson.

Hanya di bawah 51 juta orang Amerika yang tidak memiliki asuransi kesehatan pada 2009, naik dari 46,3 juta pada 2008, menunjukkan laporan sensus, berdasarkan data yang dikumpulkan awal tahun ini.

"Ini adalah jumlah tertinggi yang tidak diasuransikan sejak tahun 1987, tahun pertama perbandingan data kesehatan asuransi dikumpulkan," kata Johnson.

Paling terpukul oleh kemiskinan adalah warga kulit hitam dan Hispanik, sekitar seperempat dari mereka hidup dalam kemiskinan -- lebih dari dua kali lipat tingkat untuk kulit putih non-Hispanik.

Anak-anak juga dipengaruhi oleh meningkatnya laju kemiskinan di negara terkaya dunia itu, dengan sekitar satu orang dalam lima orang di bawah usia 18 tahun -- sekitar 15,5 juta anak-anak -- ditemukan hidup dalam kemiskinan tahun lalu.

Sebanyak 10 persen dari anak-anak di Amerika Serikat, atau 7,5 juta anak-anak, tidak punya asuransi kesehatan.

Anak-anak yang tinggal di rumah tangga miskin 1,5 kali lebih mungkin dibandingkan teman sebaya mereka yang lebih mampu untuk menjadi yang tidak diasuransikan; 15 persen anak-anak yang tinggal di kemiskinan tidak memiliki asuransi kesehatan. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010