Washington (ANTARA News) - Presiden Barack Obama pekan depan akan memberikan penghargaan pada seorang sersan Angkatan Udara Amerika Serikat yang tewas di Laos pada 1968 dengan Bintang Kehormatan anumerta karena "keteguhan hati yang tak terkira dan keberanian yang luar biasa" darinya.

Anak laki-laki Richard Etchberger akan bergabung dengan Obama Selasa di Ruang Timur Gedung Putih yang banyak hiasannya untuk memperingati tindakannya pada puncak operasi tempur AS di Asia tenggara 42 tahun lalu itu, sebagaimana dikutip dari AFP.

Pilot kapal terbang itu akan menerima medali tersebut karena "dengan sengaja membuka diriya bagi tembakan musuh dalam upaya untuk menempatkan tiga rekannya yang selamat dan terluka di tempat gendongan pertolongan yang memungkinkan mereka diterbangkan ke tempat yang aman, kata Gedung Putih dalam satu pernyataan..

"Ketika ia akhirnya ditolong, ia terluka berat akibat tembakan darat musuh," beberapa pejabat mengatakan.

Etchberger adalah veteran angkatan udara berusia 17 tahun pada waktu kamatiannya, ketika pasukan AS di Laos memerangi pasukan komumis dan berusaha untuk memutus jalur pasokan Vietnam Utara.

Medali Kehormatan hampir selalu diberikan pada anggota pasukan yang tewas, karena tindakan yang gagah berani di atas dan melebihi panggilan tugas.
(ANT/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010