Madrid (ANTARA News/AFP) - Awal bagus Jose Mourinho menghadapi musim di pucuk pimpinan Real Madrid membuat pelatih karismatik Portugal frustrasi dengan membuang botol-botol minuman ke sekitar lubang perlindungan.

Real di Liga Spanyol menang dua kali dan seri sekali dan sudah memenangi pembuka Liga Champions pertengahan minggu, namun Mourinho masih jauh dari puas di gelanggang pertandingan, atau sebab ia ditolak dari kesempatan untuk membantu negara asalnya Portugal.

Mourinho menyaksikan Real beruntung melindas Real Sociedad 2-1 Sabtu untuk meraih tujuh poin liga dari sembilan. Sejauh ini, Real tak terkalahkan di bawah Mourinho.

Meskipun gembira dengan kemenangan itu, perangai Mourinho membaik di babak akhir pertandingan itu dan terlihat melemparkan sebuah botol air minum ke kaca penutup lubang perlindungan saat Real mengancam hendak memberikan penyamaan kedua.

Real tidak normal dan warga Portugal yang marah itu membabat para ketua liga Spanyol karena menyuruh timnya bermain tiga hari sesudah kemenangan 2-0 atas Ajax di Liga Champions.

"(Real) Sociedad lebih baik di paruh pertama dan (Real) Madrid pada paruh kedua jadi bagi saya undian sudah merupakan hasil yang adil," Mourinho mengaku.

"Namun, sebuah tim yang bermain di Liga Champions Rabu harus main Minggu dan tidak dapat bermain Sabtu.

"Mengapa pertandingan Hercules-Valencia tidak berlangsung Sabtu?"

Mourinho juga marah terhadap Real karena menolak dirinya membantu negara asalnya Portugal dalam pertandingan kualifikasi Euro 2012 mereka yang tergagap-gagap.

Portugal yang kekurangan pelatih melakukan awal buruk dalam kualifikasi Euro 2012 mereka, seri 4-4 dengan Siprus dan kalah 1-0 dari Norwegia, dan Portugal menanyakan tentang bantuan Mourinho untuk dua babak kualifikasi berikutnya dan mendapati langkah itu diblokir Real.

"Saya tidak mengerti mengapa Real tidak mengijinkan saya melatih Portugal ketika saya hampir tidak melakukan apapun di Madrid," kata Mourinho.

"Saya punya sembilan hari libur di Madrid selagi ada pertandingan internasional."

Direktur olah raga Real Jorge Valdano mengatakan dapat dimengerti Mourinho ingin membantu, namun katanya Real tidak melakukan kesalahan apapun.

"Hal itu menjadi cerita besar di media sehingga presiden federasi Portugal menelpon (presiden Real) Florentino Perez, tetapi dikatakan mereka telah meninggalkan gagasan itu," kata Valdano.

"Mourinho cemas karena setiap orang ingin membantu negara mereka dan ini tercermin baik di dirinya, namun tiada seorang pun yang dipersalahkan di klub itu."

Surat kabar Marca melaporkan bahwa mantan pelatih Sporting Lisbon Paulo Bento, yang bermain untuk Benfica, Sporting dan tim Spanyol Oviedo, akan menandatangani kontrak dua tahun dengan federasi Portugal Senin.

Mourinho sementara kini harus menyiapkan timnya untuk pertandingan di kandang Selasa melawan Espanyol karena pertandingan padat terus menyongsong di awal musim ini.

Ia akan mencari permainan yang lebih terpoles: Real dicemooh pada pertandingan liga terakhir di Santiago Barnabeu ketika mereka menang mudah 1-0 atas Osasuna. (ANT/K004/TERJ)

Penerjemah: Kunto Wibisono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010