Jakarta (ANTARA News) - Robot itu dapat berbicara dalam 15 bahasa, memiliki selera humor dan bisa menciptakan kesan.

Dan si menakutkan itu seperti robot hidup, dibangun oleh sebuah perusahaan kecil di Cornwall, yang telah dibeli oleh NASA untuk menjadi robot pemandu wisata.

Daily Mail melaporkan, robot yang dikenal sebagai RoboThespian, digerakan oleh compressed air dan hampir seluruhnya dibuat dari aluminium.

Robot itu dibuat oleh perusahaan rekayasa seni Cornish, yang hanya memiliki tujuh staf.

Berbeda dengan Robot R2 yang terlihat lebih macho, dan akan dikirim ke Stasiun Antariksa Internasional akhir tahun ini, RoboThespian akan tetap terikat dengan Bumi.

RoboThespian hadir dalam tiga variasi, Lite, Standar dan versi Deluxe. Robot itu juga dapat disewa untuk acara-acara.

Pada website perusahaan, versi Deluxe datang dengan harga 79.500 poundsterling, yang memberikan akses ke semua fitur robot yang lebih canggih seperti kaki bertenaga dan konten yang dapat diatur.

NASA membeli robot seharga 70.520 poundsterling untuk membimbing pengunjung di sekitar perusahaan Kennedy Space Center di Cape Canaveral.

RoboThespian datang dengan salam standar dan tayangan, yang dapat kamu tambahkan rekaman kamu sendiri atau konten dipesan terlebih dahulu.

Robot itu pertama kali dikembangkan oleh perusahaan rekayasa seni Cornish pada 2006 untuk mengambil bagian dalam produksi Mechanical Theatre di Eden.

RoboThespian membuat debut resminya pada konferensi asosiasi ilmu pengetahuan dan teknologi di Los Angeles pada 2007 yang dilakukan dalam rangkaian klip film dan berinteraksi dengan penonton.

Robot itu hadir dengan interface layar sentuh yang memungkinkan pengguna memrogram serangkaian gerakan.

Will Jackson, bos pembuat Rekayasa Seni, berkata: "Kami sangat bangga."

"Ini merupakan kemenangan bagi kekuatan teknis West Country dan teknik know-how. Kami mengalahkan sejumlah perusahaan terbaik pembuatan robot dari AS dan Jepang."

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010