Jakarta (ANTARA) - Paul George mencetak 37 poin saat memimpin Los Angeles Clippers yang terpaksa bermain tanpa Kawhi Leonard yang cedera untuk menang mengejutkan 119-111 atas Utah Jazz di Salt Lake City, Rabu malam waktu setempat (Kamis WIB) dalam gim kelima semifinal Wilayah Barat.

Marcus Morris Sr menyumbangkan 25 poin dan Reggie Jackson melesakkan 22 poin untuk mengantarkan Clippers memimpin 3-2 dalam seri playoff berformat best-of-seven ini. Unggulan keempat Clippers bisa menghentikan unggulan utama Jazz di Los Angeles dalam gim keenam Jumat malam waktu setempat yang bertepatan dengan Sabtu pagi WIB lusa.

Sekalipun tanpa diperkuat Leonard yang menepi karena terkilir lutut kanan, Clippers mengatasi ketertinggalannya akibat performa hebat lemparan Jazz pada paruh pertama untuk untuk ketiga kali berturut-turut menang setelah tertinggal 0-2 dalam seri ini.

Baca juga: Cedera paksa Kawhi Leonard absen dalam gim lima Clippers vs Jazz 

George mencatat rebound terbanyak selama karir playoffnya dengan 16 rebound yang masih ditambah dengan assist terbanyak dalam timnya dengan lima assist.

Bojan Bogdanovic memasukkan sembilan lemparan tiga angka dan total mengemas 32 poin untuk memimpin Jazz. Rekannya, Donovan Mitchell yang terbelenggu pergelangan kakinya yang keseleo, menyumbangkan 21 poin, lima assist dan lima rebound.

Jazz kembali tak diperkuat Mike Conley yang belum juga tampil dalam seri playoff ini karena terkilir hamstring kanan.

Jazz memasukkan 17 dari 30 lemparan tiga angkanya pada paruh pertama tetapi hanya bisa memimpin 65-60 menjelang jeda. Bogdanovic memasukkan enam lemparan jarak jauh pertamanya dan membuat 18 poin dalam kuarter pertama dan 23 poin sampai paruh pertama.

Clippers mencetak 17 poin dari 11 salah umpan yang dilakukan Jazz untuk menjinakkan performa bagus Utah pada awal pertandingan.

Kuarter ketiga menjadi pembalikan bagi Los Angeles Clippers.

Clippers melampaui Jazz 17-5 saat membuka paruh kedua dan akhirnya unggul sampai 10 poin pada kuarter ketiga. Utah Jazz gagal pada semua dari 10 lemparan tiga angkanya dalam kuarter ini dan diungguli 32-18 ketika Los Angeles Clippers membalikkan defisit lima poin pada paruh pertama menjadi unggul 92-83 menjelang masuk kuarter keempat.

Baca juga: Hawks bangkit dan ungguli Sixers 3-2 pada gim kelima 

Rudy Gobert yang tuntas dengan 17 poin dan 10 rebound membuat Jazz tetap menempel lawannya lewat tiga lemparan masuk berturut-turut.

Utah Jazz menyusul sampai selisih tiga poin pada pertengahan kuarter keempat berkat layup dan lemparan bebas Mitchell, namun Jackson membalas dengan sebuah lemparan tiga angka dan sebuah layup.

Jazz terus melawan sampai berselisih empat poin sebelum pemain Clippers Terance Mann membenamkan bola ke dalam ring basket setelah melewati Gobert. Dia menambahkan dengan sebuah lemparan bebas untuk membawa Clippers memimpin 110-103 dalam 2 menit 39 detik terakhir.

Setelah Mitchell melepaskan drive yang membawa Utah mendekat sampai selisih empat poin, George membalas dengan lemparan tiga angka yang membuat Clippers unggul 113-106 dalam sisa waktu satu menit 48 detik.

Clippers mencatat efektivitas lemparan 51,2 persen, termasuk berhasil pada 16 dari total 40 upaya lemparan tiga angka. Jazz membukukan efektivitas 45 persen dan memasukkan 20 dari total 54 lemparan tiga angka, demikian laporan Reuters.

Baca juga: LaMelo Ball sabet penghargaan NBA Rookie of the Year 
Baca juga: Chris Paul absen bela Phoenix Suns karena protokol COVID-19 
Baca juga: Pelicans berpisah dengan Stan Van Gundy 

 

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021