Yogyakarta (ANTARA News) - Gcm Ednovation mengembangkan metode belajar melalui perantara telepon genggam yang memungkinkan penggunanya bisa mengakses materi pelajaran SD sampai SMA secara mandiri di mana saja dan kapan saja.

"Metode ini diberi nama good mobile learning, yaitu pembelajaran melalui perantara telepon genggam, sehingga dapat diakses secara mandiri di mana saja dan kapan saja," kata Manajer Pengembangan Sumber Daya Manusia Gcm Ednovation Aspian Noor di sela-sela Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XII di Yogyakarta, Kamis.

Ia mengatakan, telepon genggam seharusnya tidak sekadar dimanfaatkan sebagai media hiburan, melainkan juga dapat dikembangkan sehingga memiliki muatan edukasi.

"Program good mobile learning memiliki dua macam aplikasi, yaitu `gcm ednovation book` atau disingkat `gebook` dan `gcm ednovation tryout plus` atau `getop`," katanya.

Menurut dia gebook merupakan aplikasi modul pembelajaran yang berisi semua materi, contoh soal, dan latihan soal pelajaran dari tingkat SD sampai SMA.

"Sedangkan getop merupakan aplikasi latihan yang berisi soal-soal latihan standar nasional dengan sistem penilaian langsung dan disertai pembahasannya," katanya.

Aspian mengatakan pihaknya kini tengah memperluas jaringan program tersebut ke 440 kabupaten/kota di Indonesia.
(ANT-158/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010