Akademisi asal Bombana pimpin IKA Unhas Sultra

Akademisi asal Bombana pimpin IKA Unhas Sultra

Asrun Lio (tengah kedua kanan) terpilih secara aklamasi sebagai ketua IKA Unhas Sulawesi Tenggara untuk periode empat tahun kedepan. (Antara/Azis Senong)

Kendari (ANTARA) - Akademisi asal Moronene Kabupaten Bombana yang kini menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Drs Asrun Lio MHum PhD secara aklamasi terpilih sebagai Ketua IKA Unhas Sultra masa bakti 2021-2024, menggantikan ketua sebelumnya H Sabir Ahmad.

Musyawarah tersebut dilaksanakan dalam acara halal bi halal IKA Unhas Provinsi Sultra, bertempat di salah satu rumah makan di Kota Kendari, yang turut dihadiri secara langsung oleh Wakil Sekjen Pengurus Pusat IKA Unhas, Abdul Rahman Farisi mewakili Ketua Umum Pusat, Drs H Jusuf Kalla.

Dalam kegiatan dengan peserta cukup terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut, Abdul Rahman Farisi mengatakan bahwa alumni Unhas jumlahnya tidaklah sedikit dan banyak yang berhasil dan diharapkan bisa berperan dalam pembangunan di daerah.

"Alumni Unhas di Sultra cukup banyak dan bahkan ditokohkan, salah satunya adalah Asrun Lio. Menurut saya, beliau tokoh yang amanah dan bisa merangkul dan mengembangkan IKA Unhas ini di Sultra, sehingga bisa memberikan kontribusi nyata dalam pembangunan maupun pengembangan daerah, termasuk diantaranya melalui buah pikiran konstruktif demi kepentingan masyarakat," ucapnya.

Abdul Rahman Farisi menerangkan, usai pemilihan Ketua IKA Unhas Provinsi Sultra yang kini dijabat oleh Asrun Lio, maka langkah selanjutnya menunggu penerbitan SK dari pengurus IKA Unhas pusat, yang kemungkinan pelantikannya berlangsung di Jakarta.

"Untuk SK maupun waktu pelantikan, tinggal menunggu jadwal dari IKA Unhas pusat," ucap Wakil Sekjen Pengurus Pusat IKA Unhas ini.
Asrun Lio (foto Antara/Azis Senong)


Sementara itu, Ketua IKA Unhas Provinsi Sultra, yang juga Kadis Dikbud Sultra, Drs Asrun Lio MHum PhD menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan amanah tersebut dengan penuh tanggung jawab, baik demi untuk almamater maupun daerah Provinsi Sultra.

"Ini sebuah kepercayaan dan amanah yang harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, yang tentunya membutuhkan serta keterlibatan para anggota maupun alumni Unhas di Sultra tanpa terkecuali," kata orang nomor satu di jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra.

Untuk itu, langkah awal yang akan dilakukan adalah mempertahankan dan meningkatkan peran dan upaya yang telah dilakukan oleh dari pengurus sebelumnya. Selanjutnya melakukan konsolidasi pengurus, hingga pendataan seluruh alumni Unhas di Sultra.

"Secepatnya kita akan mengonsolidasikan semua pengurus IKA Unhas Provinsi Sultra di seluruh kabupaten dan kota. Jika memungkinkan IKA Unhas Kabupaten dan Kota Provinsi Sultra langsung dibentuk dalam rangka memudahkan koordinasi anggota," ujarnya.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar