Kabul (ANTARA News) - Dua helikopter NATO menewaskan 30 gerilyawan di wilayah Pakistan. Dua helikopter serang Apache dari Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO itu melintasi Afghanistan timur Jumat setelah gerilyawan menyerang sebuah pos terdepan keamanan Afghanistan yang terpencil di provinsi Khost.

Jurubicara ISAF Sersan Matt Summers memastikan bahwa helikopter-helikopter itu menyerang setelah melintas ke Pakistan. Ia tidak berkomentar mengenai pasukan negara-negara mana yang terlibat, tapi Amerika Serikat adalah satu-satunya anggota koalisi yang menggunakan Apache.

AS selama ini  menggunakan pesawat mata-mata tak berawak untuk melakukan serangan rudal di wilayah perbatasan Pakistan, yang dikenal menjadi tempat berlindung bagi kelompok gerilyawan termasuk Taliban Afghanistan yang melancarkan serangan lintas-perbatasan dari bagian baratlaut Pakistan.

ISAF mengatakan dalam pernyataannya yang dikeluarkan Ahad malam bahwa helikopter-helikopter itu telah mengikuti aturan ketika melintas ke Pakistan.

Dua helikopter Kiowa kembali ke wilayah itu Sabtu dan menewaskan sedikit-dikitnya empat gerilyawan lain, kata pernyataan tersebut.

ISAF tidak dapat dengan segera memastikan apakah helikopter-helikopter Kiowa juga telah melintasi perbatasan. Pasukan AS merupakan sebagian besar dari tentara ISAF di Afghanistan timur.

Meskipun ada kehadiran hampir 150.000 tentara asing, kekerasan berada pada tingkat terburuknya di Aghanistan sejak pasukan Afghanistan dukungan AS menggulingkan Taliban pada akhir 2001.
(S008/H-AK)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010