Tangerang (ANTARA News) - Tiga Situ di Tangerang Selatan, Banten, termasuk dalam kategori siaga karena rawan terjadinya luapan air dan jebol, kata Kepala Bidang Pengairan Dinas Bina Marga dan Pengairan Tangerang Selatan, Djudianto di Tangerang, Senin.

Ia mengatakan, situ yang masuk dalam kategori siaga adalah Situ Sasak di Pamulang, Situ Tujuh Muara atau Ciledug di Pamulang dan Situ Parigi di Pondok Aren.

"Ada tiga situ yang masuk dalam keadaan siaga karena rawan jebol dan bisa meluap sewaktu - waktu yakni Situ Sasak Pamulang, Situ Tujuh Muara atau Ciledug Pamulang dan Situ Parigi Pondok Aren," kata Djudianto.

Djudianto mengatakan, kondisi tanggul atau dinding pembatas dengan jalan sangat rawan jebol. Karena, kondisinya mudah rapuh dan sewaktu - waktu bisa jebol karena kencangnya dorongan air.

Sedangkan luapan air, Djudianto menuturkan, hal tersebut masih bisa terjadi. Apalagi, bila kiriman air dari perumahan meningkat karena terjadi banjir.

"Karena di perumahan banjir, jadinya terjadi peningkatan air. Sementara itu, kondisi situ pun sudah sangat dangkal, sehingga, air meluap," katanya mengungkapkan.

Sementara itu, di Tangerang Selatan terdapat sembilan situ yang kondisinya sangat memprihatinkan yakni Situ Ciledug atau tujuh muara di Pamulang, Situ Sasak Tinggi di Pamulang, Situ Parigi di Pondok Aren, Situ Rawa Kutub di Serpong, Situ Gintung di Ciputat Timur, Situ Legoso atau Kuru di Ciputat Timur, Situ Rumpang di Ciputat, Situ Bungur di Ciputat Timur, serta Situ Antap di Ciputat.

"Kondisinya memiliki masalah yang berbeda. Mulai dari tanggul yang rawan jebol, luas situ yang sempit karena tergerus dengan pemukiman serta kedangkalan situ karena banyaknya lumpur," katanya.
(ANT-154/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010