Panduan sudah disiapkan untuk dipublikasikan ke komunitas motor
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan sudah menyiapkan panduan wisata untuk touring para pecinta otomotif sehingga perjalanan akan tetap aman di tengah pandemi COVID-19.

"Panduan sudah disiapkan untuk dipublikasikan ke komunitas motor," kata Sandiaga dalam weekly briefing, Selasa.

Dia mengungkapkan aktivitas yang direkomendasikan dalam panduan sejalan juga dengan kegiatan komunitas-komunitas di Indonesia seperti Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia dan Ikatan Motor Indonesia.

Baca juga: Wonderful Ride sambangi banyak destinasi wisata Jateng dan DIY

Sandiaga mengatakan bahwa dia akan melepas rombongan touring yang sudah memenuhi protokol kesehatan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bila jadwalnya bertepatan dengan aktivitasnya di Jakarta.

"Akan saya lepas dari Kemenparekraf untuk memberikan semangat," kata Sandiaga yang sedang berada di Magelang, Jawa Tengah.

Pada pertengahan Juni, Menparekraf Sandiaga melepas rombongan Touring Wonderful Ride Indonesia menuju Anyer, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu, (16/6).

Dia berpesan kepada komunitas otomotif untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan berbasis CHSE (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, Kelestarian Lingkungan).

Baca juga: Wonderful Ride ajak masyarakat jaga toilet bersih di destinasi wisata

Program Wonderful Ride Indonesia adalah sebuah gerakan yang digagas oleh Perkumpulan Wisata Otomotif Indonesia (PWOI) untuk mendorong pemberdayaan wisata berbasis otomotif di Indonesia.

Wisata berbasis otomotif ini sejalan dengan konsep yang jadi tren pariwisata saat ini, yakni disesuaikan (customize) dengan kebutuhan wisatawan secara spesifik, menjurus kepada kearifan lokal (localize), wisata yang dilakukan bersama dengan keluarga (personalize), dan dilakukan tidak berbondong-bondong atau dalam jumlah yang lebih sedikit (smaller size). Bukan cuma itu, touring juga dapat memberikan pengalaman berwisata lebih bagi wisatawan.

Dia menilai kegiatan ini tidak hanya berguna menggeliatkan perekonomian pariwisata, tetapi juga meningkatkan minat masyarakat untuk berwisata menggunakan kendaraan pribadi, sekaligus mengkampanyekan wisata berkendara yang aman.

Baca juga: Sandiaga Uno ajak komunitas otomotif perkuat CHSE saat berwisata

Baca juga: Sandiaga Uno ajak komunitas motor hidupkan pariwisata Indonesia

Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2021