Jakarta (ANTARA News) - Apple telah menggugat Nokia di Inggris, memperpanjang pertempuran hukum dua perusahaan teknologi raksasa atas hak paten di luar perbatasan AS.

"Kami sedang menyelidiki klaim, yang tampaknya didasarkan pada implementasi sembilan paten yang sudah dalam gugatan antara dua perusahaan di Amerika Serikat," kata juru bicara Nokia Mark Durrant.

Kedua perusahaan itu telah bertemu dalam pengadilan sejak Oktober lalu, saat Nokia menggugat Apple di Amerika Serikat, dengan tuduhan pembuat iPhone itu "menumpang gratis" pada teknologi yang dipatenkan Nokia.

Perusahaan Finlandia mengatakan Apple telah berutang royalti karena menggunakan teknologi Nokia yang memungkinkannya melakukan tugas dasar ponsel seperti aplikasi mengirim email atau mengunduh.

Institusi Perdagangan AS, ITC, yang bertugas memutuskan klaim antara dua perusahaan tahun depan, sementara sidang pengadilan dijadwalkan 2012 di Delaware.

Menurut Reuters, seorang juru bicara Apple di Inggris tidak bersedia berkomentar.

Saham Nokia melemah 0,3 persen pada 9,78 dolar, sementara saham Apple 1,2 persen lebih rendah pada 287,56 dolar, kecewa karena rumor orang nomor dua di perusahaan eksekutif Tim Cook pindah ke Hewlett-Packard Co.

Penerjemah: Adam Rizallulhaq
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010