Los Angeles (ANTARA News/Reuters Life!) - Sutradara film, panggung dan televisi Arthur Penn, yang filmnya pada 1967 "Bonnie and Clyde" mengubah cara pandang mengenai seks dan kekerasan di layar lebar, telah meninggal dalam usia 88 tahun.

Manajer keuangan dan teman Arthur di New York, Avan Bell, mengatakan kepada Reuters bahwa sutrada itu --yang meraih tiga nominasi Oscar buat "Bonnie and Clyde", "The Miracle Worker" dan "Alice`s Restaurant", meninggal Selasa (28/9) malam di rumahnya di Manhattan dan keluarganya berada di sisinya. Ia meninggal sehari setelah ulang tahunnya yang ke-88.

Avan mengatakan Arthur sakit sekitar selama satu tahun. Ia tak mengungkapkan penyebab kematian sutradara tersebut.

Arthur juga menyutradarai "Little Big Man", meraih Tony Award buat produksi Broadwaynya "The Miracle Worker" dan bekerja sama dengan para aktor Warren Beatty, Faye Dunaway, dan Gene Hackman sepanjang karirnya.

Versi film dari "The Miracle Worker" pada 1962 meraih Oscar untuk aktris utama Anne Bancroft, dan Estelle Parsons serta Patty Duke juga meraih Oscar dalam film yang disutradarai Arthur.

Namun film "Bonnie and Clyde"-lah yang membuat nama Arthur melesat dan menempatkan dia di barisan depan "Hollywood New Wave" pada 1960-an dan 1970-an.

Kendati mulanya tak disukai oleh para pengeritik AS, film itu menjadi fenomena budaya pop di seluruh dunia, membuat Faye Dunaway dan Gene Hackman jadi bintang, dan mengilhami serangkaian film gengster seperti "The Wild Bunch", "Badlands" dan "The Godfather".

"Bonnie and Clyde" dinominasikan buat 10 Oscar, meraih dua, tapi Arthur kalah untuk sutradara terbaik dari Mike Nichols melalui "The Graduate".

"Athur Penn membawa kepekaan film seni Eropa 1960-an ke film Amerika. Ia melicinkan jalan bagi generasi baru sutradara Amerika yang muncul dari berbagai sekolah film," kata penulis dan sutradara Paul Schrader kepada New York Times pada Rabu (29/9). (C003*S018/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010