Jakarta (ANTARA) - Pengambilan keputusan penyelenggaraan SEA Games 2021 Hanoi diundur hingga pertengahan bulan depan setelah Komite Olimpiade Vietnam (NOC Vietnam) dan Vietnam SEA Games Organizing Committee (VOC) merasa gamang atas kesediaan mereka menjadi tuan rumah pada tahun ini di tengah lonjakan kasus COVID-19 di negaranya.

Dalam rapat virtual SEA Games Federation (SEAGF) yang dipimpin Dato Seri Chaiyapak Siriwat, Kamis, Vietnam tetap membuka dua opsi terkait penyelenggaraan ajang multicabang dua tahunan itu, yakni tetap diadakan sesuai rencana pada 21 November-2 Desember 2021 atau ditunda hingga pertengahan 2022.

“Dalam rapat tadi belum ada keputusan definitif dari NOC Vietnam dan VOC sehingga pimpinan rapat (Dato Seri Chaiyapak) memberikan tenggat waktu dua pekan ke depan kepada tuan rumah untuk memutuskan apakah SEA Games ke-31 ini diselenggarakan tahun ini atau tahun depan,” kata Sekretaris Jenderal Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Ferry J Kono dalam siaran pers, Kamis.

Baca juga: Vietnam berencana tunda SEA Games hingga tahun depan 
Baca juga: Usul menunda SEA Games dan alarm dari Vietnam untuk ASEAN 


Dalam rapat SEAGF dua pekan lalu, tuan rumah Vietnam menyampaikan usulan penundaan SEA Games Hanoi ke 2022. Namun, tujuh dari 11 negara anggota SEAGF, yaitu Indonesia, Brunei, Kamboja, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand menolak usulan tersebut.

Hanya Myanmar yang setuju terhadap penundaan SEA Games. Sedangkan Timor Leste mengikuti apa pun hasil keputusan dalam rapat SEAGF.

Ferry tetap berharap SEA Games bisa digelar sesuai dengan agenda awal. Sebab, atlet-atlet Indonesia sudah mulai melakukan pemusatan latihan nasional (pelatnas) saat ini.

Selain itu, penundaan juga bakal membuat kalender olahraga makin padat sehingga atlet tidak bisa tampil maksimal. Belum lagi, soal anggaran yang terlanjur dialokasikan.

“Kami harapakan SEA Games tetap dilaksanakan sesuai agenda awal. Namun, kami juga menghargai situasi dan kondisi tuan rumah. Untuk itu, kami menunggu dalam dua minggu ke depan untuk keputusan final di rapat exco dua pekan ke depan,” ujar Ferry.

Sejak SEA Games diselenggarakan mulai 1977, Vietnam baru sekali menjadi tuan rumah SEA Games, yaitu pada 2003 silam. 

Baca juga: Indonesia tolak usulan penundaan SEA Games 2021 
Baca juga: Atlet SEA Games 2021 wajib karantina 14 hari 

 

Pewarta: Shofi Ayudiana
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021