Cari hp murah? Ini spesifikasi yang perlu diperhatikan

Cari hp murah? Ini spesifikasi yang perlu diperhatikan

Ilustrasi hp Realme (ANTARA)

Jakarta (ANTARA) - Sekarang ini, hp murah sedang naik daun. Hal tersebut terjadi karena menurunnya tingkat perekonomian secara global. Akan tetapi karena meningkatnya kegiatan online, baik itu untuk bekerja ataupun sekolah, jadinya hp tetap menjadi prioritas.

Anda yang sedang mencari hp murah harus bisa jeli. Murah boleh saja, namun jangan yang murahan. Banyak hp di luaran sana yang harganya murah namun punya kualitas yang bagus. Berikut ini macam-macam spesifikasi yang perlu Anda perhatikan agar tetap bisa mendapatkan hp kualitas bagus dan harganya terjangkau.

1. Punya Kapasitas Baterai Besar
Kerja dan sekolah online memang banyak dilakukan di rumah. Akan tetapi hal ini tidak membuat Anda harus pasrah dengan hp murah yang berkapasitas baterai kecil. Justru sebaliknya. Hal yang paling banyak diunggulkan dari hp murah adalah kapasitas baterainya yang besar. 

Dari mulai 4000 mAh bahkan hingga ke 6000 mAh juga ada. Dengan kapasitas baterai sebesar ini, Anda bahkan bisa tenang di luar rumah seharian tanpa khawatir hp mati karena habis baterai

2. Punya Fitur Support Fast Charging
Hp yang punya kapasitas baterai besar biasanya diimbangi dengan kemampuannya yang sudah bisa support fast charging. Meskipun fast chargingnya tidak terlalu ngebut, namun hal ini membuat Anda tetap tak harus menunggu lama mengisi hp sampai baterainya penuh. Jangan salah, hp murah kelas entry level hingga mid range juga banyak yang sudah support fast charging untuk baterainya. 

3. Ada yang Bisa Menjadi Power Bank 
Ini juga jadi spesifkasi khusus dari beberapa hp murah. Ada yang bisa dijadikan power bank untuk hp lain. Hal ini terjadi karena 2 hal. Yang pertama adalah karena dia memiliki kapasitas baterai yang besar. Misalnya saja di atas 6000 mAh. Dan yang kedua itu karena hp tersebut sudah punya fitur reverse charging

4. Teknologi Kamera yang Bagus
Beberapa hp murah ada yang unggul dari sisi kameranya. Bahkan ada yang sudah menggunakan teknologi kombinasi quad camera, dan tidak lagi dual camera. Spesifikasinya biasanya memiliki konfigurasi kamera utama, kamera ultrawide, kamera makro dan depth sensor.

Tak berhenti sampai di situ saja, di kameranya juga sudah dibekali fitur-fitur keren. Misalnya saja Super NightScape, Chroma Boost, dan lain-lain. Itu untuk kamera utamanya. Kamera selfie alias kamera depannya juga tidak buruk. Ada yang sudah disisipkan fitur AI Selfie Camera. Resolusinya biasanya di atas 6 MP.

5. Kapasitas Penyimpanan yang Tidak Kecil
Ini juga banyak. Hp murah tidak lantas punya memori internal yang kecil. Ada banyak yang memori internalnya besar, dari 32 GB hingga 64 GB. Bahkan ada juga yang sampai 128 GB. Untuk RAM-nya juga sudah banyak yang di atas 3 GB.

6. Desain yang Cantik
Jika Anda mengira tampilan hp murah itu selalu kaku dan biasa-biasa saja, Anda salah besar. Ada juga hp murah yang tampilannya cantik karena memiliki desain bodi yang bagus. Baik itu tampilan depan hingga desain bagian belakangnya. 

7. Layar yang Besar
Hp murah layarnya kecil? Big no! Ada banyak hp murah juga yang layarnya besar. Rata-rata ukurannya 6,5 inci dan sudah menggunakan teknologi layar panel IPS LCD. Meski tidak luar biasa, namun ini sudah lebih dari cukup untuk ukuran hp murah. Resolusinya juga sudah HD+ atau setara dengan 720 x 1560 piksel. 

8. Ditenagai Chipset Lumayan
Hp murah identik dengan hp yang lemot? Ini juga salah. Meski tidak ngebut, hp murah juga lumayan dalam hal performa. Sebab hp jenis ini pada umumnya ditenagai oleh chipset kelas menengah. Misalnya saja Helio G35 ini bukan chipset yang jelek-jelek amat. Akan tetapi, melihat dari harganya yang hampir meraih angka 2 juta, Helio G35 atau bahkan Helio G80.

9. Sudah Menggunakan USB Type-C
Hp murah pada umumnya memang masih menggunakan kabel data micro USB biasa. Akan tetapi sebagian juga ada yang sudah menggunakan USB Type-C. Jelas, Micro USB Type-C itu lebih mutakhir. Sebab dia bisa mengakomodasi proses transfer data yang sangat cepat. Pun demikian juga dengan pengisian daya cepat (fast charging).

Itu dia 9 spesifikasi yang perlu diperhatikan jika Anda mencari hp murah yang berkualitas. Meski ke-9 spesifikasi ini jarang ada dalam 1 hp sekaligus, akan tetapi ini bisa dijadikan patokan saat Anda mencari hp murah. Asalkan Anda menentukan terlebih dahulu kebutuhan Anda akan hp murah tersebut, setelahnya nanti Anda tinggal menyesuaikan produk seperti apa yang dicari. 

Misalnya saja Anda yang butuh hp murah yang tahan lama dalam hal ketahanan baterainya. Saat beli, ya cari hp dengan kapasitas baterai yang besar. Anda yang butuh hp untuk fotografi, maka cari hp murah yang spesifikasi kameranya keren. Nah lalu Anda yang ingin puas menonton film, cari saja hp murah yang layarnya bagus dan lega. 

Jika belum ada gambaran hp murah apa yang menarik untuk dibeli, realme C15 bisa Anda lirik lho. Hp yang punya tagline sebagai "Entry-Level King" ini hadir dengan spesifikasi yang mirip hp kelas menengah. Yang menariknya, harga realme C15 pun sangat terjangkau, sekitar Rp 1,8 juta per unitnya. Jika Anda tertarik dengan hp ini, Anda bisa membelinya dengan mudah lewat situs Blibli lho! Jika ingin brand atau model lain juga bisa ditemukan dengan mudah lewat fitur pencarian produk di Blibli. Semoga bermanfaat!

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar