Medan (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Utara H Syamsul Arifin beserta jajaran Muspida Plus akan menyambut kedatangan jemaah haji kelompok terbang (kloter) 1 Sumut asal Kabupaten Labuhan Batu yang dijadwalkan tiba di Bandara Polonia Medan, Rabu (2/12).

Humas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan, Sazli Nasution, di Medan, Senin, menyatakan, jemaah haji kloter 1 dijadwalkan tiba di Medan pukul 23:45 WIB.

PPIH Medan telah menggelar rapat evaluasi terkait kesiapan debarkasi Medan menyambut kedatangan jemaah haji Sumut. Untuk memastikan kesiapan tersebut, pada H-1 panitia pemulangan haji lainnya akan melakukan peninjauan ke lapangan.

"Hal itu dimaksudkan untuk memastikan kesiapan Debarkasi Medan menyambut jemaah haji Sumut. Prinsipnya kami sudah siap. Meski begitu, nanti pada H-1 kepulangan kami akan tinjau dan cek lagi," katanya.

Rombongan kloter 1 akan diangkut pesawat Garuda dengan nomor penerbangan GA 3201. "Kalau sesuai jadwal semula, jamaah haji kloter 1 Sumut berangkat dari Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Rabu (2/12), pukul 10:45 waktu setempat dan dijadwalkan tiba di Medan Rabu pukul 23.45 WIB," katanya.

Jemaah haji kloter itu nantinya akan diperiksa kondisi kesehatannya guna mengantisipasi penyebaran penyakit menular dari Tanah Suci.

Kepala Bidang Haji, Zakat dan Wakaf Kanwil Departemen Agama Sumut, Abdul Rahman Harahap, menambahkan, begitu tiba di Bandara Polonia Medan jemaah haji akan diangkut dengan bus menuju Asrama Haji Medan.

Setelah dilakukan pemeriksaan berkas dan barang-barang bawaan, mereka akan dilepas ke daerah masing-masing. (*)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009