Medan (ANTARA) - Jamaah haji Kelompok Terbang (kloter) 20 asal Sumatera Utara berjumlah 347 orang tiba di Asrama Haji Medan, Selasa, sekira pukul 17.00 WIB, dan seorang wafat.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H Ahmad Qosbi Nasution di Medan, Selasa, mengatakan jamaah haji Kloter 20 yang berasal dari Kabupaten Labuhan Batu Selatan dan Kota Medan, kembali ke tanah air dari tanah suci Mekkah dalam keadaan penuh semangat dan ceria.

Ahmad berharap jamaah haji kloter 20 tetap menjalin kekompakan di tanah air, seperti yang dilakukan saat menunaikan ibadah haji di Mekkah.

"Para jamaah haji tetap melaksanakan ukhuwah Islamiyah, silaturahim dan membentuk kelompok pengajian sehingga terjalin rasa persaudaraan bagi sesama haji yang tergabung dalam Kloter 20," ucapnya.

Baca juga: 339 haji kloter 19 tiba di Medan

Baca juga: Dua orang sakit saat 350 jamaah haji Kloter 17 tiba di Medan


Kakanwil juga meminta kepada haji untuk meningkatkan keimanan, jaga nama baik di lingkungan keluarga dan masyarakat.

"Jadilah haji yang baik dan dapat memberikan contoh kepada masyarakat," kata Kakanwil Kemenag Sumut.

Jamaah haji Kloter 20, sebanyak 347 orang terdiri atas 256 orang dari Kabupaten Labuhanbatu Selatan, 83 orang dari Kota Medan, tiga orang petugas daerah PHD Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan lima orang petugas pusat TPHI dan TKHI.

Mutasi keluar empat orang atas nama Irwan Sitompul, nomor manifes 102 (wafat), Raja Kholijah Nasution, nomor manifes 126 orang (kembali ke Kloter 9), Giyanto Karwin, nomor manifes 165 (kembali ke Kloter 9), dan Arfah Sitompul, nomor manifes 237 (kembali ke Kloter 12).

Jumlah berangkat 351 orang, dan jumlah kembali 347 orang.*

Baca juga: Seorang hajah Debarkasi Solo meninggal di rumah sakit Kualanamu Medan

Baca juga: 346 jamaah haji Kloter 16 tiba di Medan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023