Medan (ANTARA) - Sebanyak 346 jamaah haji yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 16 asal Sumatera Utara tiba di Asrama Haji Medan, Kamis, sekira pukul 22,15 WIB.

jumlah 346 jamaah haji kloter 16 itu, terdiri atas 338 orang dari Kabupaten Deli Serdang , tiga orang petugas daerah Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, serta lima orang petugas pusat TPHI dan TKHI.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara H. Ahmad Qosbi Nasution mengucapkan selamat datang jamaah haji kloter 16 yang seluruh jamaah haji berasal dari Kabupaten Deli Serdang.

Ia merasa bangga setelah melihat jamaah haji yang seluruhnya dalam keadaan ceria, sehat, dan bergembira setelah tiba di tanah air dari menunaikan ibadah haji dari tanah suci Mekkah.

"Semoga haji mabrur yang diperoleh dari Mekkah, dapat lebih meningkatkan amal dan ibadah saat berada di tanah air," ucapnya.

Qosbi juga berharap kepada jamaah haji agar tetap menjaga etika di tengah-tengah masyarakat, baik ucapan dan tingkah laku,

Selain itu, jamaah haji dapat membuat kelompok-kelompok pengajian, sehingga jamah haji kloter 16 dapat berkumpul sesama rekan dan juga meningkatkan silaturahim.

"Para jamah haji kloter 16 juga agar rajin komunikasi dengan rekan sesama haji sehingga tetap bertemu, saat seperti menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekkah,' kata Kakanwil Kemenag Sumut.

Sementara itu, tiga jamaah haji kloter 16 mutasi keluar atas nama Jiman Sarimo, nomor manifes 091 (pindah ke kloter 08), Ibrahim Sadri, nomor manifes 197 (pindah kloter 08), dan Syahrum Bilal, nomor manifes 337 (pindah kloter 08). Jumlah berangkat 348 orang. Jumlah kembali 346 orang.

Baca juga: PPIH harap layanan jamaah haji berjalan baik hingga akhir operasional

Baca juga: Jamaah haji Kloter 15 tiba di Medan

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023