Ini bagian kita tanggung jawab melindungi masing-masing
Jakarta (ANTARA) - Murid MAN 7 Jagakarsa dan SMKN 15 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, antusias mengikuti program vaksin anak usai 12-17 tahun sejak 1 Juli 2021.

Pantauan ANTARA di lokasi, Jumat, mereka antusias selain mengikuti vaksinasi, juga karena mereka berkesempatan langsung menyapa dan berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang juga melakukan peninjauan pada kegiatan tersebut.

"Apakah kalau sudah divaksin aman dari keterpaparan? Masih tetap bisa kan? Bedanya apa? Bedanya kalau pun terpapar tidak merasakan gejala berat," kata Anies. 

Jadi, lanjut Anies, ada yang namanya terpapar, ada juga yang namanya terinfeksi, maka InsyaAllah tidak menimbulkan radang yang berat.

Menurut Anies, pengalaman tim medis yang terpapar, padahal banyak yang sudah divaksin.

Baca juga: DKI Jakarta targetkan vaksinasi 1,3 juta anak usia 12-17 tahun

Namun, meski terpapar mereka tidak alami gejala berat. "Jadi adik-adik semua, habis vaksin tetap pakai masker ya, InsyaAllah sehat semua," kata Anies di MAN 7 Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut juga menjelaskan pada orang tua dan guru, bahwa putra-putri mereka dapat divaksin dengan mendaftar melalui aplikasi JAKI.

Salah satu murid kelas XI MAN 7, Anggita Salsabila, bercerita kepada Anies bahwa ia mengetahui info vaksinasi melalui pesan digital, media sosial serta informasi yang diberitakan di televisi.

"Semalam saya dapat kabar dari grup pesan elektronik kelas saya, Pak. Selain itu juga sering melihat info pentingnya vaksinasi dari televisi, dan orang tua saya mendukung saya untuk ikut vaksinasi," kata Anggita.

Senada dengan itu, murid MAN 7 lainnya, Hanny Salsabila, mengapresiasi kepada Pemprov DKI Jakarta yang telah memfasilitasi vaksin anak usia 12-17 tahun.

Baca juga: Vaksinasi anak di Jakarta dimulai hari ini di SMAN 20

"Kami berharap dengan diadakan ini bisa memotivasi siswa agar bisa mengikuti vaksin demi menjadi agen perubahan yang lebih baik dan mengajak siswa siswi semua untuk vaksinasi," kata Hanny.

Gubernur Anies pun tidak lupa memberikan apresiasi kepada para siswa yang telah kooperatif ikut menyukseskan vaksinasi anak tersebut.

Ia berharap mereka yang mengikuti vaksinasi anak di MAN 7 Jagakarsa maupun di SMKN 15 Kebayoran Baru bisa menjaga kesehatan dan terlindungi dari risiko terpapar virus.

"Ini bagian kita tanggung jawab melindungi masing-masing. Karena varian baru sekarang ini banyak anak-anak yang terkena. Sebanyak 16 persen itu anak-anak," kata Anies.

Baca juga: Kasus masih tinggi, Anies minta orang tua motivasi anak ikut vaksinasi

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2021