Pangkalpinang (ANTARA News) - Hujan deras sambut kedatangan 137 jamaah haji Bangka Belitung yang tergabung dalam kloter 10 Palembang saat mereka tiba di Pangkalpinang, Kamis.

Hujan yang mengguyur Kota Pangkalpinang sekitar pukul 10.00 WIB tidak menyurutkan penjemput yang datang ke Kanwil Depag Babel untuk menjemput jamaah haji yang baru tiba.

"Hujan yang turun cukup deras dan alhamdulillah tidak mengganggu panitia yang mengurus kedatangan jamaah haji Babel dari Tanah Suci Makkah karena panitia telah menyediakan tenda untuk tempat istirahat," kata M.Riduan, Kasi Penyelenggara Haji Depag Babel di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, sebanyak 314 jamaah haji Babel yang terdiri atas 137 jamaah haji asal Kabupaten Bangka Selatan, 96 jamaah asal Kabupaten Bangka Barat, 60 jamaah asal Kabupaten Belitung dan 21 jamaah asal Kabupaten Belitung Timur.

"Untuk jamaah haji asal Kabupaten Bangka Selatan masih dikumpulkan dulu di Kanwil Depag baru dilepaskan ke kampung halaman masing-masing, sedangkan jamaah haji asal Bangka Barat itu langsung dari debarkasi (bandara kedatangan) Palembang menuju Muntok menggunakan jet foil," katanya.

Ia menambahkan, jemaah haji asal Kabupaten Belitung dan Belitung Timur langsung diterbangkan dari Palembang menuju Bandara Hanandjoedin Tanjungpandan Belitung.

"Alhamdulillah semua jamaah haji Babel sudah kembali ke tanah air dengan selamat dan dalam keadaan sehat hanya kelelahan saja, sedangkan dua jamaah haji yang kemarin dirawat di RSU Palembang juga sudah kembali ke Babel," ujarnya.

Ia juga mengatakan, seluruh barang bawaan jamaah telah diambil oleh pihak keluarga yang menjemput di Kanwil Depag dan beberapa barang bawaan yang tertukar juga sudah dikembalikan.

"Seluruh rangkaian pelepasan dan penyambutan jamaah haji Babel berjalan sesuai dengan rencana dan tidak ada hambatan yang berarti, hanya panitia kewalahan saat mengurus penjemput yang mau menejmput dan mengambil barang bawaan jamaah," katanya.
(*)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2009