Makassar (ANTARA News) - Kedatangan Jamaah Haji yang tergabung dalam Kloter III Debarkasi Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, terlambat selama sembilan jam.

Sekretaris Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Makassar, Syahrul Yali, di Makassar Senin mengatakan, dalam jadwal, Jamaah Haji kloter III akan tiba di asrama Haji Sudiang pukul 10.30 WITA.

Namun, dari informasi terakhir yang diperoleh dari Badan Pengelola Asrama Haji (BPAH) Sudiang, Jamaah Haji kloter III baru akan tiba di asrama Haji Sudiang pukul 19.30 waktu setempat.

Meskipun begitu, ia mengaku belum mendapatkan kepastian mengenai jadwal kedatangan Jamaah Haji kloter III dari pihak Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.

"Penerbangan awal untuk Jamaah Haji asal Indonesia memang sering terlambat, karena jadwal yang tertunda sejak berada di Bandara Internasional King Abdul Azis Jeddah," tuturnya.

Menurut dia, penundaan penerbangan di Bandara King Abdul Azis Jeddah karena sibuknya jadwal penerbangan di bandara tersebut pada awal pemulangan Haji.

"Keterlambatan kedatangan Jamaah Haji seperti ini biasanya tidak lagi terjadi saat penerbangan selanjutnya, karena tidak sesibuk seperti penerbangan awal," ungkapnya.

Pada tahun ini, jumlah Haji yang tergabung dalam kloter III Debarkasi Makassar 360 orang termasuk petugas dari PPIH Kabupaten Gowa.

(ANT-103/S016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010