Pretoria (ANTARA News) - David Villa memanfaatkan kesalahan yang dilakukan penjaga gawang Claudio Bravo dan juga turut merancang gol Andres Iniesta untuk memberi Spanyol satu tempat di babak 16 besar Piala Dunia dengan kemenangan 2-1 atas Chili yang harus bermain dengan 10 pemain.

Juara Eropa Spanyol, yang berupaya menghindari nasib yang dialami Italia dan Prancis yang tersingkir lebih awal di Piala Dunia, dengan kemenangan tersebut tampil sebagai juara Grup H dengan dua kali menang dan enam poin.

Chili juga lolos ke babak 16 besar setelah menempati posisi kedua Grup H dengan nilai yang sama dengan Spanyol namun kalah selisih gol. Sedangkan Swiss yang bermain tanpa gol dengan Honduras, hanya mengantongi empat poin dan bersama Honduras tersingkir.

Spanyol akan menghadapi Portugal pada Selasa di babak 16 besar yang akan digelar di Cape Town, sementara Chili akan bertemu juara dunia lima kali Brazil pada hari Senin di stadion Ellis Park, Johannesburg.

"Pertandingan melawan Portugal nanti akan tidak mudah," kata pelatih Spanyol Vicente del Bosque.

"Tapi kami sedang mengalami kemajuan. Fernando Torres bermain 60 menit, Iniesta merasa baik. Kami dalam kondisi yang bagus. Kami berada di bawah tekanan yang besar, tapi kami sudah menyadari ini karena hidup di Spanyol."

Spanyol unggul lebih dulu pada menit ke-23 saat Villa menciptakan gol ketiga dia pada turnamen ini, dan sama-sama menempati posisi teratas dalam daftar pencetak gol Piala Dunia.

Xabi Alonso melepaskan umpan panjang yang disambut Fernando Torres, sementara penjaga gawang Chili Bravo keluar dari sarangnya berlari mencapai bola lebih dulu.

Tapi bola memantul ke daerah Villa yang tidak terkawal dan striker baru Barcelona itu melepaskan tembakan dari jarak 40 yard yang masuk ke gawang yang sudah ditinggalkan Bravo.

Pada menit ke-37, Villa merancang gol Iniesta dan pengatur serangan Barcelona itu mencetak gol dari dekat kotak penalti.

Wasit Meksiko Marco Rodriguez mengganjar gelandang Chili Marco Estrada dengan kartu kuning kedua setelah terjadinya gol tersebut, karena terlihat menyandung Torres dalam membangun gol tersebut.

Namun meski bermain dengan 10 pemain, Chili tidak menyerah.

Pemain pengganti pada babak kedua Rodrigo Millar membalas satu gol pada menit ke-47, dengan melepaskan sebuah tembakan keras yang sempat membentur lutut kanan pemain belakang Gerard Pique dan melewati penjaga gawang Spanyol Iker Casillas yang tidak bisa berbuat apa-apa.

Pemain Chile Esteban Parades dinyatakan offside lebih dulu ketika berada di area penalti pada menit ke-80 saat mendapatkan peluang terakhir mereka.

Pertandingan berlangsung keras sejak awal dan wasit Rodriguez mengeluarkan tiga kartu kuning lainnya pada pemain Chili pada 21 menit pertama, membuat pemain belakang Gary Medel dan Waldo Ponce tidak dapat bermain melawan Brazil.
(I015/A023)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010