Johannesburg (ANTARA News)- Striker muda Jerman, Thomas Muller berhasil menorehkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak dan meraih tropi Sepatu Emas setelah mencetak lima gol di Piala Dunia Afrika Selatan yang berakhir Senin dini hari.

Keberhasilan Spanyol merebut Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam sejarah setelah mengalahkan Belanda dalam partai Final, Senin dini hari di Stadion Soccer City, Johannesburg sekaligus mengakhiri perhelatan empat tahunan itu dan saatnya untuk menghargai para bintang yang bersinar gemilang di Afrika Selatan.

Thomas Muller sebenarnya punya torehan gol yang sama dengan Wesley Sneijder yang hanya meraih Sepatu Perak dan David Villa dengan Sepatu Perunggu.

Tetapi dengan tabungan tiga assist pemain berusia 20 tahun itu lebih unggul dari Sneijder dan Villa yang masing-masing hanya menyumbangkan satu assist.

Hebatnya lagi striker yang bermain di Bayern Munchen itu meraih gelar pemain muda terbaik atau Hyundai Best Young Player dari FIFA.

Sementara itu gelar pemain terbaik atau tropi Bola Emas di Afrika Selatan  berhasil direbut oleh Diego Forlan Asal Uruguay.

Forlan mengungguli Sneijder dan Villa dalam jajak pendapat yang diselenggarakan FIFA dan melibatkan perwakilan-perwakilan media terkemuka dunia.

Untuk penjaga gawang terbaik, tropi Sarung Tangan Emas atau Golden Gloves jatuh ke tangan penjaga gawang Spanyol, Iker Casillas.

Casillas tampil gemilang saat Spanyol mengalahkan Jerman di semi final dan Belanda di Final.

Melengkapi kejayaan Spanyol di Afrika Selatan, Tim Matador pun mendapat kehormatan sebagai tim paling 'fair play' di Afrika Selatan.

Spanyol hanya mendapatkan enam kartu kuning sepanjang turnamen Piala Dunia tanpa mengoleksi kartu merah,
(Ber/A024)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010