Samarinda (ANTARA News) - Persisam Putra Samarinda berhasil melewati dua partai kandang putaran pertama Indonesia Super Liga (ISL) 2010/2011 dengan hasil maksimal.

Setelah sukses menekuk juara bertahan Arema FC dengan skor 2-1 Rabu lalu, giliran Persema Malang ditundukan "Pesut Makaham" dengan skor 3-2 pada laga yang Minggu malam di Stadion Segiri Samarinda.

Tiga gol tuan rumah dicetak Choi Dong Soo menit 30, Fandi Mochtar menit 64 dan Julio Lopes menit 68 dari titik penalti.

Sedangkan dua gol Persema dicetak oleh Angga pada menit 46 dan Irfan Bacdim pada menit 52.

Torehan tiga poin tiga hari lalu memotivasi anak asuh Hendri Susilo untuk memenangi pertandingan melawan Persema Malang.

Sejak menit pertama, tuan rumah tampil begitu semangat untuk mencetak gol, namun sayang Persema yang baru saja kalanh pada pertadningan perdananya melawan Bontang FC mengimbangi tim tuan rumah.

Jalannya pertandingan pun menjadi ketat dengan tempo tinggi.

Persisam unggul lebih dulu melalui gol yang diciptakan Choi Dong Soo memanfaatkan umpan crosing dari Julio Lopes.

Kedudukan 1-0 ini bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Timo Scheunemann, pelatih Persema mengubah strategi dengan memasukkan Angga menggantikan Kamri.

Strategi pelatih asal Jerman ini membuahkan hasil dengan gol cepat Angga pada menit 46 setelah mengecoh kiper Wawan Hendrawan, memanfatkan umpan Ngon A Mamon.

Hasil imbang 1-1 membuat tuan rumah tertekan, yang kemudian dimanfaatkan Persema untuk mencuri gol.

Melalui serangan balik yang cepat, Irfan Bachim memaksa Wawan Hendrawan memungut bola untuk kedua kalinya.

Ketinggalan gol membuat Hendri Susilo mengubah strategi dengan memasukan Pavel Solomin menggantikan Irsyad Aras.

Pavel ternyata efektif dan dalam tempo empat menit tuan rumah menyamakan kedudukan menjadi 2-2 dari kaki Fandi Muchtar. Tuan rumah membalikkan keadaan di menit 68 Julio Lopes sukses mengeksekusi penalti.

Timo Scheunemann mengaku kecewa dengan hasil pertandingan itu dan menilai wasit terlalu berpihak kepada tuan rumah sehingga timnya harus pulang tanpa mendapatkan poin sedikitpun.

"Saya sangat kecewa dan sedih karena tim kami dikerjai terus oleh wasit, ini sebagai cermin bahwa sepak bola Indonesia sulit untuk maju kalau tetap kepentingan tertntu masih diominan," kata Timo usai pertandingan.

Sementara itu Hendri Susilo pelatih Persisam mengaku timnya cukup beruntung karena sempat tertingal gol meskipun akhirnya bisa membalikkan keadaan.

Wasit Aeng suerlan mengeluarkan tiga kartu kuning untuk Abanda Herman, Robbi Gaspar dan Achmad Sembiring.

Susunan pemain: Persisam,Wawan Hendrawan (gk), Tsimi Jaques Joel, Muhammad Roby/Usep Munandar, Fandi Mochtar, Saipul Lewanusa, Akbar Rasid, Ahmad Sembiring, Irsyad Aras, Ronald Fagundes, Julio Lopez, Choi Dong Soo/ Pavel Solomin..

Persema: Sukasto Efendi, Seme Patrik, Ebanda Herman, Kamri/Angga 46`, Suroso, Bima Sakti, Roby Gaspar, Jefri Dwi Hadi/ Munhar, Resa, Irfan Bacdim, Ngon A Mamon.(*)

ANT/AR09

Pewarta:
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010