Palembang (ANTARA News) - Pelari junior Sumatera Selatan, Ratna Dewi, menjuarai Lomba Lari 10 K peringatan Hari Olahraga Nasional tingkat provinsi oleh Dinas Pemuda dan Olahraga di Palembang, Minggu.

Berkat keberhasilan menjuarai kategori pelajar, Ratna berhak mendapatkan hadiah Rp 5 juta dan sebuah pesawat televisi 14 inch.

Ratna mengaku bangga bisa memberikan yang terbaik bagi klubnya, Bank Sumsel Babel, apalagi ajang ini terbilang bergensi di tingkat daerah sejak tiga tahun terakhir.

"Ajang ini menjadi kesempatan kami selaku atlet untuk menguji kemampuan, karena setiap atlet membutuhkan kompetisi secara reguler untuk menguji hasil latihan," kata dia.

Pada kategori pelajar, Sekolah Olahraga Negeri Sriwijaya (SONS) Palembang berhasil menempatkan banyak wakilnya sebagai juara, seperti pada kategori umum putri direbut Sri Mayasari dan kategori putra disabet Irawan.

Kepala Dispora Sumsel Musni Wijaya mengatakan, lomba ini ajang mencari atlet-atlet berbakat Sumsel, terutama atlet usia diri.

Menurut dia, mereka yang juara akan terus dipantau oleh Dispora dan KONI Sumsel untuk disiapkan mewakili daerah di PON Remaja tahun 2013.

"Ajang lomba seperti ini adalah kesempatan daerah untuk mencari bibit-bibit baru atlet terutama untuk cabang olahraga atletik," kata dia.

Lari 10 K ini, menyediakan total hadiah Rp 86 juta bagi para pemenang, bahkan untuk juara satu, dua dan tiga kategori umum putra-putri mendapatkan hadiah tambahan berupa televisi 14 inch.

Informasi dari pantia pelaksana, urutan pemenang peringkat satu hingga sepuluh, untuk kategori umum putri, Ratna Dewi (Bank SumselBabel), Melati (PGRI), Yenni (Pagaralam), Eka Oktavianti (SONS), Yetty (Lahat), Lili (SONS), Rici Ardila (PTBA), Wulan (Muba), Andrea Angrani, dan Rika (SONS)

Sedangkan untuk kategori umum putra, Agus (Jasdam II Sriwijaya), Hendrianto (Prabumulih), Marwan (Amik Sigma), Oktavianus (Unsri), Ahmad Tarmizi (PTBA), Adam (Unsri), Jati Mulya (Yonif Raider), Tarmizi (Yonif Raider), dan Eriantoyo (Muara Enim)

Untuk kategori pelajar putri, Srimayasasri (SONS), Intan (SONS), Karmiyanti, Nanda (Pagar Alam), Desi Ikta Putri, Kadek Sri Novianto (SONS), Agnes (Muara Enim), Tati (Prabumlih), dan untuk kategori pelajar putra, Irawan (SONS), Kevin Arianto (SONS), Wahyudi (SONS), Septian Angga (SONS), Rendy (SONS), Feriyanto (SONS), Beni (Muba), Tommy Lesmana (Muara Enim), Yan Alfian (Muara Enim), dan Zainudin (SMP 27 Palembang). (ANT-039/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010