Washington (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Jumat menelepon Perdana Menteri Swedia Fredrik Reinfeldt untuk mengucapkan selamat atas kemenangannya dalam pemilu dan mendiskusikan ancaman yang muncul dari Al Qaida serta hubungan sekutu dengan Eropa.

"Presiden Obama menelepon Perdana Menteri Swedia Reinfeldt hari ini untuk memberi selamat atas terpilihnya kembali perdana menteri itu," demikian menurut sumber di Gedung Putih dalam pernyataan singkat.

"Presiden mengucapkan terima kasih kepada Perdana Menteri atas kepemimpinannya di Swedia yang mencakup masalah-masalah lebih luas lagi, termasuk dukungan Swedia dalam misi Pasukan Bantuan Keamanan Internasional di Afghanistan," kata sumber itu.

Kedua pemimpin itu juga mendiskusikan kerja sama AS dan Swedia dalam memerangi ancaman yang muncul dari Al Qaida dan sekutu ekstrimis lainnya di Eropa, demikian mennurut pernyataan itu.

Reinfeld memperkenalkan pemerintah barunya kepada parlemen Swedia pada Selasa, yang menjawab keraguan bahwa ia akan merangkul kelompok minoritas ke dalam pemerintahnya setelah pemilu 19 September.(*)

AFP/KR-PPT/H-RN

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2010