Frankfurt (ANTARA News/AFP) - Bank Sentral Eropa mengurangi pembelian obligasi lebih dari 99 persen pekan lalu menjadi sembilan juta euro (12,5 juta dolar), demikian pernyataan ECB Senin, sebuah tanda kondisi tenang di pasar utang publik.

Pembelian ECB terhadap utang negara minggu sebelumnya menjadi 1,384 miliar euro, puluhan kali lebih dari satu minggu sebelum itu, dengan pasar mencatat fokus pada obligasi Irlandia yang peringkatnya diturunkan oleh Moody`s Investors Service.

"Securities Markets Programme" (Program Pasar Sekuritas/Efek) bank sentral terutama bertujuan memastikan bahwa kebijakan moneter ECB secara efektif ditransmisikan ke pasar dengan membeli obligasi dari bank-bank komersial untuk mengekang distorsi transaksi antar bank.

Jumlah yang sama dengan pembelian diambil oleh ECB dalam deposito satu minggu dari bank komersial untuk memastikan bahwa bank sentral tidak memicu inflasi dengan menambah jumlah uang beredar secara keseluruhan.

Jumlah tidak signifikan sembilan juta euro yang dicatat minggu lalu membawa kembali pembelian ECB ke tingkat yang terlihat pada awal Agustus ketika beberapa berspekulasi program mungkin segera dihentikan.

Pada minggu-minggu segera setelah program ini diluncurkan pada Mei, pembelian utang pemerintah mingguan ECB mencapai tinggi sebesar 16,5 miliar euro. (A026/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010