Paris (ANTARA News) - Pertandingan babak kualifikasi Euro 2012 Selasa atau Rabu dinihari WIB, diwarnai dengan berbagai drama di dalam dan luar lapangan saat Jerman membantai Kazakhstan, Spanyol menyingkirkan Skotlandia dan pertandingan Italia melawan Serbia ditangguhkan karena terjadi kerusuhan massa penonton.

Timnas Inggris asuhan pelatih Fabio Capello mengakhiri pertandingan dengan mengecewakan setelah ditahan imbang 0-0 dalam pertandingan Grup G di Wembley melawan Montenegro, sebagaimana dikutip dari AFP.

Dengan demikian tim itu masih kokoh menempati puncak klasemen grup dengan 10 poin dari empat pertandingan berbanding tujuh poin dari tiga pertandingan bagi Inggris setelah kapten Rio Ferdinand menyesali peluang gol yang gagal dimanfaatkan dengan baik.

"Ini sebenarnya merupakan suatu pertandingan yang seharusnya kita menangkan," kata pemain belakang itu mengakui.

Sementara juara Piala Dunia 2010 Spanyol segera memimpin pertandingan dengan keunggulan dua gol di Hampden Park sebelum Fernando Llorente mencetak gol penentu kemenangan Spanyol dari jarak dekat hampir tiga menit setelah dia masuk ke lapangan menggantikan David Silva.

Kemenangan 3-2 Spanyol atas Skotlandia tersebut menjamin bahwa juara dunia dan Eropa itu bisa mempertahankan usaha mereka untuk menang dalam semua pertandingan kualifikasi mereka.

David Villa menjadi pemain yang mencetak gol pertama bagi timnya pada pertandingan itu dengan golnya yang ke-44 bagi timnas Spanyol sehingga menyamakan rekor Raul, sementara Andres Iniesta melesakkan gol kedua Spanyol dengan Steven Naismith dan satu gol bunuh diri Gerard Pique bisa menyamakan kedudukan sehingga memberi harapan kepada para penggemar tim Skotlandia.

Jerman, yang dikalahkan timnas Spanyol pada babak semi final Piala Dunia lalu di Afrika Selatan dan juga di final Euro 2008, menyapu bersih gol dalam pertandingan tandang mereka di Grup A melawan Kazakhstan.

Miroslav Klose, Mario Gomez dan Lukas Podolski mencetak gol untuk menyempurnakan kemenangan 3-0 Jerman sehingga mereka berhasil mengumpulkan 12 poin maksimum -- unggul lima poin di atas Austria, yang hanya bisa bermain imbang 4-4 melawan Belgia di Brussels.

Pelatih Jerman Joachim Loew sangat senang dengan hasil tersebut.

"Kami memiliki 12 poin dan kami berada di posisi yang bagus. Saya tidak dapat meminta lebih banyak lagi," katanya.

Finalis Piala Dunia Belanda juga sudah mengantungi poin maksimum 12 poin setelah Jan Claas Huntelaar dan Ibrahim Afellay menyarangkan masing-masing dua gol saat melawan Swedia di Amsterdam.

Namun demikian para penggemar Liverpool bakal menggerutu setelah pemain depan Belanda yang merumput di klub Inggris itu, Dirk Kuyt, dibawa ke rumah sakit karena mengalami cedera pergelangan kaki kanan, padahal dia belum lama baru kembali bermain setelah absen akibat cedera bahu.

Peristiwa yang terjadi di Genoa, Italia, menyebabkan pertandingan ditunda Selasa malam dengan kebrutalan para hooligan ketika suporter Serbia melempari lapangan bola dengan api untuk memaksa ditangguhkan pertandingan tim mereka melawan tim `Azzurri` Italia.

Setelah ditunda selama setengah jam, wasit asal Skotlandia Craig Thomson menghentikan pertandingan itu yang baru sempat digelar selama enam menit ketika sebatang obor dilempar penonton Serbia dan tampak mengenai kiper Itala Emiliano Viviano.

Setelah polisi berjuang untuk mengamankan situasi rusuh di stadion Genoa, Marassi, para pejabat sepak bola Italia akhirnya memutuskan untuk menangguhkan pertandingan itu usai mengadakan pertemuan antara UEFA, asosiasi sepak bola Italia dan Serbia serta wasit itu.

Sebenarnya sebelum pertandingan di pusat kota itu dimulai, sudah terjadi masalah ketika kiper Serbia Vladimir Stojkovic diserang fans mereka sendiri.

Pelatih timnas Italia Cesare Prandelli mengatakan kepada wartawan, "Kami tidak bermain, Saya belum pernah menyaksikan hal semacam ini sebelumnya."

"Kejadian tersebut tampaknya terorganisir, pemain Serbia mendengarkan pelatih tim mereka diserang," katanya.

"Sebelum pertandingan itu, kiper Serbia (Stojkovic) berada di ruang ganti kami dan dia tidak hanya takut untuk bermain tetapi juga takut kembali ke negaranya, dia tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi," katanya.

Stojkovic biasanya bermain bagi Red Star Belgrade tetapi sekarang bermain bagi Patizan Belgarde, sehingga menimbulkan kemarahan para pendukung Red Star.

Sementara pada pertandingan lain kualifikasi Euro 2012 pada Selasa, Rusia memimpin Grup B setelah menang 1-0 dalam pertandingan tandang melawan Macedonia. Sedangkan satu penalti gagal oleh Robbie Keane membuat Republik Irlandia membuang peluang untuk mengamankan posisi setelah hanya bermain imbang 1-1 melawan Slowakia.

Tim Irlandia unggul terlebih dulu melalui gol Sean St Ledger sebelum Slowakia menyamakan kedudukan melalui tembakan Jan Durica. Rusia memimpin klasemen dengan unggul dua poin dari Irlandia dan Slowakia yang sama-sama memiliki tujuh poin.

Di Grup D, Prancis bangkit dari keterpurukan mereka di Piala Dunia lalu dan menduduki puncak klasemen grup itu setelah menang 2-0 atas Luksemburg, berkat gol-gol indah yang digulirkan oleh Karim Benzema serta Yoann Gourcuff di babak pertama dan kedua.

Belarus, yang mengguncang Prancis di pertandingan pembukaan kualifikasi Euro ini, mengancam di posisi kedua dengan hanya terpaut satu poin dengan Prancis setelah menang 2-0 atas Albania.

Sementara itu Cristiano Ronaldo mengantar Portugal meraih kemenangan gemilang mereka 3-1 atas Eslandia dengan satu gol di menit awal namun timnya itu masih tertinggal dua poin dari pemimpn klasemen Grup H Norwegia.
(ANT/A024)

Pewarta:
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2010