Roma (ANTARA News/AFP) - Samuel Eto membungkam ejekan rasis dengan mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan Inter Milan 1-0 atas tuan rumah Cagliari yang mengantar mereka berada di puncak klasemen liga utama Italia, Minggu.

Pertandingan di Sardinia tersebut sesaat dihentikan setelah baru berjalan tiga menit saat Eto`o menjadi bahan celaan dari para pendukung tim tuan rumah.

Setelah adanya pengumuman di stadion tersebut yang mengingatkan para pendukung bahwa pertandingan akan dibatalkan jika mereka meneruskan ejekan seperti itu, akhirnya pertandingan kembali dilanjutkan dan Eto`o malah menjadi pahlawan dengan mencetak satu-satunya gol.

Eto`o kini mengoleksi 12 gol dari 11 pertandingan musim ini tapi pelatih Rafael Benitez bersiteguh bahwa timnya tidak percaya dengan berlebihan pada striker tersebut menjelang pertandingan Liga Champions hari Rabu melawan Tottenham.

"Dia dalam kondisi yang sangat bagus dan itu hal yang bagus bagi kami, tapi kami dapat mencetak gol dengan beragam cara berbeda," kata pelatih asal Spanyol tersebut.

"Tentu saja lebih baik anda bermain, semakin mudah untuk meraih kemenangan tapi penting untuk menang untuk memberi kami kepercayaan diri."

"Kami melakukan satu atau dua kesalahan dan (Cagliari) tidak berbahaya."

"Kini kami akan memikirkan tentang Tottenham. Pertandingan akan berat, mereka memiliki kecepatan dan kemampuan. Kami akan harus memainkan pertandingan yang sangat bagus," katanya.

Inter kini memiliki nilai dan selisih gol yang sama dengan pesaing sekotanya, AC Milan, yang mengalahkan Chievo 3-1 pada hari Sabtu, namun tertinggal dalam jumlah pencetakan gol.

Tapi Lazio dapat menempati kembali posisi puncak jika mereka merebut kemenangan pertandingan tandang di Bari pada Minggu petang.

Sementara itu Juventus dan Palermo naik ke selisih tiga poin dari posisi puncak setelah masing-masing menciptakan empat gol.

Alberto Aquilani, tembakan penalti Felipe Melo, Fabio Quagliarella, Alessandro Del Piero menciptakan gol dalam kemenangan Juve 4-0 atas Lecce, yang mengantar mereka ke posisi kelima.

Javier Pastore, Mauricio Pinilla, dan pasangan Slovenia Josip Ilicic dan Armin Bacinovic menjaringkan bola bagi Palermo dalam kemenangan mereka 4-1 atas Bologna, untuk menempati posisi keenam.

Posisi keempat Napoli gagal untuk mendampingi Milan di puncak setelah mereka hanya imbang 1-1 di Catania, sementara Fiorentina ke posisi terbawah setelah kekalahan mereka 1-2 di Sampdoria. (I015/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010