Yogyakarta (ANTARA News) - Pelajar dan mahasiswa Papua di Yogyakarta menggelar aksi solidaritas untuk korban banjir bandang Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat, dengan menggalang dana di beberapa simpang empat di kota ini.

"Aksi pengalangan dana dilakukan di beberapa simpang empat, seperti Gejayan, Condong Catur, Jombor, Maguwoharjo, Galeria, dan Sonopakis," kata Ketua Aksi Penggalangan Dana Berto Rumaikewi, di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, penggalangan dana itu sudah dilaksanakan sejak Sabtu (17/10), dan akan berakhir pada Sabtu (24/10). Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud solidaritas untuk membantu korban musibah bencana banjir bandang di Wasior.

"Aksi itu melibatkan puluhan pelajar dan mahasiswa Papua yang sedang menempuh pendidikan di Yogyakarta. Di setiap titik ditempatkan 10 mahasiswa, yang menggalang dana sejak pagi hingga sore," katanya.

Ia mengatakan masyarakat Yogyakarta memiliki rasa solidaritas yang cukup tinggi, sehingga dalam satu pekan dana yang sudah terkumpul di posko bantuan banjir bandang di asrama mahasiswa Manokwari sebanyak Rp45 juta.

"Di simpang empat Galeria dalam satu hari kami pernah berhasil menggalang dana hingga Rp800 ribu. Dana yang terkumpul akan dibelikan barang-barang yang dibutuhkan para korban banjir bandang, seperti obat-obatan, pakaian, dan sembako," katanya.

Menurut dia, pihaknya terus melakukan hubungan komunikasi dengan pemerintah daerah Wasior untuk mengetahui informasi kondisi korban dan akan mengupayakan keperluan yang dibutuhkan mereka.

Selain menerima bantuan dari masyarakat, pihaknya juga menerima bantuan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Universitas Islam Indonesia (UII), dan Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW).

Penanggung jawab aksi solidaritas, Andries B Worisio mengatakan, selain menggalang dana di simpang empat, pihaknya juga akan menggelar konser amal penggalangan dana bantuan bencana Wasior di kampus UPN Veteran Yogyakarta pada 20 Oktober 2010.

Menurut dia, hasil dari penjualan tiket konser amal tersebut akan digunakan untuk membantu korban bencana banjir bandang di Wasior.

"Kegiatan yang diselenggarakan dengan tema `Jogja Peduli Wasior` itu akan dimeriahkan oleh penampilan grup musik Shaggy Dog. Kami berharap kegiatan itu dapat berjalan dengan sukses," katanya. (B015/K004)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2010