Semarang (ANTARA News) - Ketua DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Tengah, Murdoko, telah menemui Ketua Dewan Syura Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), K.H.Abdurrahman Wahid yang akrab disapa Gus Dur, sebagai bentuk keseriusan koalisi kedua partai.

Menurut Murdoko, di Semarang, Kamis, pertemuan dengan Gus Dur di kediamannya di Ciganjur, Jakarta, belum lama ini telah menghasilkan kesepakatan koalisi yang akan dideklarasikan di Semarang pada 25 Januari 2009.

Ia menuturkan, suara kader PKB kubu Gus Dur di provinsi ini akan diarahkan untuk masuk ke PDIP.

Namun, ia belum dapat memperkirakan besarnya suara yang mengalir ke PDIP Jateng dalam koalisi yang dijalin untuk memenangkan pemilu legislatif ini.

Menurut dia, tidak ada tawar menawar atau perjanjian timbal balik antara PDIP dan PKB, dalam koalisi ini.

"Koalisi ini dibangun atas dasar platform dan wawasan kebangsaan yang sama," kata Murdoko yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Jateng ini.

Dalam deklarasi yang rencananya akan digelar di Ponpes At-Tohiriyah Pedurungan, Semarang, kata dia, Gus Dur dijadwalkan untuk memberikan tausiyah kepada kader PDIP dan PKB Jateng.

Sementara itu, Ketua DPW PKB Jateng kubu Gus Dur, K.H.Yusuf Chudlori menyatakan, dalam pelaksanaan koalisi ini, PKB masih menunggu arahan dari DPP.

Ia mengakui, PDIP merupakan salah satu partai yang paling intensif mendekati PKB kubu Gus Dur, menjelang Pemilu 2009.

Ia juga mengakui tentang adanya permintaan agar suara PKB kubu Gus Dur di Jateng agar dititipkan ke PDIP.(*),

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009