Olimpiade

Menang adu penalti lawan Belanda, putri AS bertemu Kanada di semifinal

Menang adu penalti lawan Belanda, putri AS bertemu Kanada di semifinal

Selebrasi para pemain timnas Amerika Serikat setelah menang adu penalti lawan Belanda di perempat final Olimpiade Tokyo 2020 di International Stadium Yokohama, Jepang pada 30 Juli 2021. ANTARA/REUTERS/CHRISTIAN HARTMANN.

Jakarta (ANTARA) - Tim sepak bola Putri Amerika Serikat (AS) dipastikan berhadapan dengan Kanada di semifinal Olimpiade Tokyo 2020 dengan kedua tim berhasil lolos melalui adu penalti pada Jumat, menurut catatan laman resmi Olympics.com.

AS dan Belanda harus menentukan kemenangan lewat adu penalti setelah bermain imbang 2-2 selama 90 menit dan perpanjangan waktu.

Tendangan penyerang Belanda Vivianne Miedema dan bek Aniek Nouwen mampu diselamatkan oleh kiper Alyssa Naeher. AS menang 4-2 di adu penalti.

Baca juga: Putri Britania Raya disingkirkan Australia 3-4 di perempat final

Dalam pertandingan lainnya, Kanada lolos ke semifinal setelah mengalahkan Brazil dalam adu penalti 4-3 setelah bermain imbang tanpa gol dalam waktu 90 menit dan extra-time pada Jumat (30/7/2021).
Selebrasi skuad Kanada usai kalahkan Brazil dalam adu penalti di perempat final Olimpiade Tokyo 2020 di Miyagi Stadium, Jepang pada 30 Juli 2021. ANTARA/REUTERS/AMR ABDALLAH DALSH

Dua penendang penalti terakhir Brazil yaitu Andressa dan Rafaelle, gagal mencetak gol setelah digagalkan kiper timnas Kanada, Stephanie Labbe.

Sedangkan satu-satunya penembak penalti Kanada yang gagal adalah Christine Sinclair yang merupakan penembak pertama. Empat penembak penalti Kanada lainnya yaitu Jessie Fleming, Ashley Lawrence, Adriana Leon, dan Valessa Gilles berhasil melakukan tugasnya dengan baik.

Australia mengalahkan Britania Raya 4-3 setelah perpanjangan waktu di perempat final dan selanjutnya harus menghadapi Swedia, yang mempertahankan rekor sempurna mereka di turnamen tersebut dengan kemenangan 3-1 atas tuan rumah Jepang.

Gol dari Magdalena Eriksson, Stina Blackstenius dan Kosovare Asllani membuat peluang Swedia untuk meningkatkan prestasi mereka dari Olimpiade sebelumnya tetap terbuka. Swedia berhasil meraih medali perak di Olimpiade Rio 2016 saat dikalahkan oleh Jerman.

Baca juga: Jadwal Olimpiade sepak bola putri: Belanda akan ladeni Amerika Serikat

Berikut hasil pertandingan perempat final sepak bola putri:

Australia vs Britania Raya : 4-3
Swedia vs Jepang : 3-1
AS vs Belanda : 2-2 penalti (4-2)
Kanada vs Brazil : 0-0 penalti (4-3)

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Fitri Supratiwi
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Presiden tuturkan kegembiraan atas raihan medali di Paralimpiade Tokyo

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar