Para ahli bahan peledak Angkatan Laut AS berada di atas kapal untuk memastikan tidak ada bahaya tambahan bagi kru, dan siap untuk mendukung penyelidikan atas serangan itu
Dubai (ANTARA) - Angkatan Laut AS membantu sebuah kapal tanker produk minyak yang dikelola Israel yang diserang di lepas pantai Oman dengan dua awak tewas, militer AS mengatakan pada Sabtu (31/7).

AL AS menambahkan kapal itu kemungkinan besar terkena serangan pesawat tak berawak.

Mercer Street, sebuah kapal milik Jepang berbendera Liberia yang diserang pada hari Kamis, sedang dikawal oleh kapal induk USS Ronald Reagan, Komando Pusat AS mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Para ahli bahan peledak Angkatan Laut AS berada di atas kapal untuk memastikan tidak ada bahaya tambahan bagi kru, dan siap untuk mendukung penyelidikan atas serangan itu,” kata Komando Pusat, yang mengawasi operasi militer Amerika di Timur Tengah dan Asia Tengah.

"Indikasi awal jelas menunjukkan serangan gaya pesawat nirawak (drone)," tambahnya.


Baca juga: Suriah cegat serangan Israel di dekat Latakia di pantai Mediterania

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid menyalahkan Iran pada hari Jumat atas serangan itu, yang menewaskan seorang warga Inggris dan seorang Rumania, dan mengatakan itu pantas mendapat tanggapan keras. Tidak ada reaksi resmi langsung dari Iran terhadap tuduhan bahwa pihaknya bertanggung jawab.

Lapid berbicara dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tentang insiden itu pada Sabtu malam, katanya di Twitter.

"Kami bekerja sama melawan terorisme Iran, yang merupakan ancaman bagi kita semua, dengan merumuskan tanggapan internasional yang nyata dan efektif," kata Lapid.

Lapid menambahkan di Twitter: Iran "berulang kali keliru dalam memahami komitmen kami untuk melindungi diri kami sendiri dan kepentingan kami."

Sumber-sumber AS dan Eropa yang akrab dengan pelaporan intelijen mengatakan pada Jumat bahwa Iran adalah tersangka utama mereka atas insiden tersebut.

Al Alam TV, jaringan televisi berbahasa Arab pemerintah Iran, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengatakan serangan terhadap kapal itu terjadi sebagai tanggapan atas serangan Israel yang dicurigai dan tidak ditentukan di bandara Dabaa di Suriah.

Baca juga: Iran salahkan Israel atas insiden Natanz, bersumpah balas dendam

Kapal tersebut dikelola oleh Zodiac Maritime milik Israel. Perusahaan itu mengatakan pada hari Jumat bahwa kapal itu berlayar di bawah kendali awaknya dan memiliki kekuatan sendiri ke lokasi yang aman dengan pengawalan angkatan laut AS.

Iran dan Israel telah saling melempar tuduhan menyerang kapal masing-masing dalam beberapa bulan terakhir.

Ketegangan meningkat di kawasan Teluk sejak Amerika Serikat memberlakukan kembali sanksi terhadap Iran pada 2018 setelah Presiden Donald Trump saat itu menarik Washington dari kesepakatan nuklir Teheran 2015 dengan negara-negara besar.


Baca juga: Iran: Israel bertanggung jawab atas kematian ilmuwan Fakhri Zadeh

Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO), yang menyediakan informasi keamanan maritim, mengatakan kapal itu berada sekitar 152 mil laut (280 km) timur laut dari pelabuhan Duqm Oman ketika diserang.

Menurut pelacakan kapal Refinitiv, kapal tanker ukuran sedang itu menuju Fujairah di Uni Emirat Arab, dari Dar es Salaam di Tanzania.

Sumber: Reuters


Baca juga: Presiden Tunisia: Keputusan penting segera diumumkan

Baca juga: Senat AS bahas RUU infrastruktur senilai Rp14,4 kuadriliun

Penerjemah: Mulyo Sunyoto
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2021