Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Mercedes Valtteri Bottas diganjar penalti mundur lima posisi start untuk balapan Formula 1 selanjutnya di Belgia setelah sang pebalap Finlandia menimbulkan tabrakan beruntun di lap pembuka Grand Prix Hungaria, Minggu.

Balapan tersebut dihentikan sementara setelah Bottas terlambat mengerem dan menabrak mobil McLaren Lando Norris, yang kemudian menabrak sisi mobil Red Bull Max Verstappen.

Steward menilai Bottas sebagai penyebab kecelakaan yang terjadi ketika trek masih basah tersebut serta menambah dua poin penalti.

"Steward mempertimbangkan kondisi trek, akan tetapi pebalap mobil nomor 77 sepenuhnya disalahkan untuk tabrakan itu," demikian pernyataan pengawas balapan seperti dikutip Reuters.

Bendera merah dikibarkan dan balapan harus start ulang ketika empat pebalap; Bottas, Charles Leclerc (Ferrari), Lance Stroll (Aston Martin), dan Sergio Perez (Red Bull) tak bisa melanjutkan lomba.

Sang pebalap Finlandia start dengan buruk dan dilewati oleh Norris dan Verstappen, dan kemudian ia terlambat mengerem menuju tikungan pertama.

"Maaf, rekan-rekan," kata Bottas, yang juga menabrak Perez, lewat komunikasi radio.

Baca juga: Tabrakan beruntun di lap pertama hentikan sementara GP Hungaria
Baca juga: Juarai GP Hungaria, Ocon klaim kemenangan perdana di F1


Verstappen melanjutkan lomba, sempat melorot ke P13 sebelum mengamankan satu poin setelah finis P10 dengan mobil yang mengalami kerusakan cukup parah.

Hasil itu memungkinkan tim rival Mercedes dan juara dunia tujuh kali Lewis Hamilton mengambil alih pimpinan klasemen konstruktor dan pebalap sementara setelah ia finis podium di peringkat tiga.

Leclerc mendapati Stroll menabrak mobilnya. Sang pebalap Monako mengutarakan kekesalannya lewat Twitter dengan menyindir insiden itu seperti "permainan bowling".

"Saya rasa pada dasarnya Bottas kehilangan kendali mobilnya pada awalnya... Jelas Bottas membuat kesalahan besar dan menyebabkan semua orang keluar dari balapan," kata Perez kepada tv Sky Sports.

"Sangat disayangkan dan pukulan keras bagi bagi sebagai tim. Kami juga kemungkinan besar kehilangan mesin."

Saat balapan ditunda, McLaren kemudian memutuskan untuk tidak menurunkan Norris sehingga hanya 15 mobil yang berlaga hari itu.

Bos tim McLaren Andreas Seidl mengatakan mobil milik Daniel Ricciardo juga mengalami kerusakan akibat kekacauan di lap pembuka hari itu.

Pebalap Prancis Esteban Ocon tampil dominan sejak restart dan mengklaim kemenangan perdananya di Formula 1 untuk tim Alpine.

Juara dunia empat kali Sebastian Vettel mengamankan podium keduanya musim ini untuk tim Aston Martin, dengan Hamilton melengkapi mimbar di peringkat ketiga.

Baca juga: Bos Mercedes pandang kritik Red Bull terhadap Hamilton tak adil
Baca juga: Hamilton kini merasa tak sendirian hadapi komentar rasis
Baca juga: Steward tolak petisi Red Bull untuk tinjau ulang insiden di GP Inggris

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2021