Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengadakan kunjungan kenegaraan pada 27 Oktober 2010 di Vietnam untuk memenuhi undangan Presiden Vietnam Nguyen Minh Triet.

Presiden RI direncanakan akan mengadakan pembicaraan bilateral dengan Presiden Nguyen Minh Triet untuk lebih meningkatkan hubungan kerja sama dan persahabatan Indonesia dan Vietnam, menurut siaran pers Kedubes RI di Hanoi yang diterima ANTARA di Jakarta, Selasa.

Namun sebelum pertemuan antarkedua kepala negara dimulai, Presiden RI akan meletakkan karangan bunga di Mausoleum Presiden Vietnam pertama, Ho Chi Minh.

Presiden RI juga dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Tan Dung dan Ketua Parlemen Vietnam, Nguyen Phu Trong pada hari yang sama.

Selain itu, Presiden RI akan menerima kunjungan kehormatan Ketua Vietnam Union of Friendship Organization dan Ketua Vietnam ? Indonesia Friendship Association.

Presiden RI dan Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono, serta beberapa menteri, termasuk Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa dijadwalkan akan tiba di Hanoi pada Selasa sore.

Seusai mengadakan kunjungan kenegaraan, Presiden RI akan tetap berada di Hanoi untuk menghadiri KTT ke-17 ASEAN dan serangkaian KTT lainnya, termasuk East Asia Summit yang akan berlangsung pada 28 ? 30 Oktober 2010 di Hanoi.

Di sela-sela KTT tersebut, Presiden RI juga akan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa kepala negara/kepala pemerintahan.

Seusai KTT Indonesia akan menerima Keketuaan ASEAN dari Vietnam. KTT ASEAN pada April 2010 memutuskan Indonesia menjadi Ketua ASEAN pada 2011.

(M016/S026)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2010