Bengkulu (ANTARA News) - Kementerian Pengentasan Daerah Tertinggal memberikan bantuan puluhan unit kendaraan roda empat dan ratusan ekor sapi serta bibit ikan air tawar untuk kabupaten hasil pemekaran di Provinsi Bengkulu.

Bantuan tersebut hanya diperuntukkan bagi daerah yang dianggap masih tertinggal, terutama kabupaten pemekaran, kata Staf Khusus Kemeneg PDT Jhon Ramadhan di Bengkulu, Rabu.

Selain itu, kata dia, diberikan beberapa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS), modal usaha hingga puluhan miliar dan program kerjasama antara perguruan tinggi negeri di Provinsi Bengkulu dengan pihak kementrian dalam program percepatan pembangunan.

"Bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus, yang sudah disalurkan pada masyarakat secara berangsur semenjak 2009," katanya.

Selama kunjungan dua hari di Bengkulu Menteri PDT A Helmy Faishal Zaini akan menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut pada masing-masing kabupaten untuk dilanjutkan ke masyarakat.

Kunjungan kerja Menteri PDT di Bengkulu dijadwalkan ke enam kabupaten, meliputi Seluma, Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara, Lebong, Rejang Lebong, dan Kabupaten Kepahiang.

Menteri meninjau kondisi bantuan sebelumnya dan menyalurkan lagi bantuan baru secara simbolis.

Dipilihnya Bengkulu sebagai penerima bantuan tersebut, kata Jhon Ramadhan, karena daerah itu tergolong masih memiliki daerah tertinggal, terutama kabupaten pemekaran.

Bantuan kendaraan itu bisa dipakai pada saat rawan, untuk penyelamatan dari bencana alam, serta dapat juga digunakan mengangkut barang-barang hasil pertanian atau perkebunan hingga dapat dipasarkan.

"Bantuan serupa juga diberikan pada provinsi lain untuk mempercepat pemulihan pada daerah tertinggal. Ditargetkan hingga 2014 tidak ada lagi daerah seperti katagori itu," ujar Jhon.
(Z005/B010)

Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010