Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Muhaimin Iskandar, Rabu, memberikan bantuan tiga unit truk berisi air bersih, selimut, dan peralatan mandi kepada pengungsi korban erupsi Gunung Merapi.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan kepada Kepala Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem,Kabupaten Sleman, Bejo Wiryanto, saat Menakertrans Muhaimin Iskandar dalam kunjungan singkatnya di barak pengungsian Hargobinangun.

Muhaimin menyerahkan bantuan bahan makanan, pakaian, obat-obatan, selimut dan perlengkapan wanita sebanyak 3 truk dan uang sebesar Rp 500 juta kepada para pengungsi korban letusan Gunung Merapi di Kepuharjo dan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Dalam kunjungan singkatnya tersebut, menakertrans menyempatkan diri untuk berdialog sejenak dengan salah seorang pengungsi yang berada di barak pengungsian Hargobinangun.

Sementara itu Kepala Desa Hargobinangun Bejo Wiryanto kepada menakertrans menginformasikan jika tidak ada warganya yang menjadi korban jiwa akibat letusan Gunung Merapi pada Selasa (26/10) petang.

"Warga Hargobinangun sudah terlatih dalam menghadapi situasi darurat yang diakibatkan oleh letusan Gunung Merapi," katanya.

Hal tersebut menurut dia karena warga Hargobinangun rutin mengikuti simulasi penyelamatan diri jika terjadi bencana Gunung Merapi.

"Saat ini tercatat ada sejumlah 4.538 warga Desa Hargobinangun yang mengungsi di barak pengungsian," katanya.(*)
(ANT-158/B/H008/R009)

Pewarta:
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010