Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi akan mendapati Cal Crutchlow sebagai tandem barunya di Grand Prix Styria akhir pekan ini, namun juara dunia sembilan kali itu waspada Sirkuit Red Bull Ring menjadi batu sandungan bagi performa motor Yamaha YZR-M1.

Rampung lima pekan jeda musim panas, MotoGP kembali bergulir akhir pekan ini dengan dua balapan di Austria dan tim Petronas Yamaha SRT menugasi Cruthclow menggantikan Franco Morbidelli yang masih memulihkan diri pascaoperasi.

Red Bull Ring rutin menjadi bagian kalender MotoGP sejak 2016 setelah 18 absen, dan sirkuit di Spielberg itu pernah menyaksikan The Doctor naik podium.

Akan tetapi, di dua balapan beruntun di Austria tahun lalu, Rossi hanya mampu finis P5 dan P9.

"Jeda musim panas yang bagus. Saya bisa rileks dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terdekat, sebelum kembali ke rumah untuk berlatih di atas motor," kata Rossi seperti dikutip laman resmi tim.

"Akan menyenangkan membalap lagi akhir pekan ini, tapi jujur saya tidak yakin ini trek yang terbaik untuk kami.

"Kami tahu area di mana motor kami kuat, tapi ada juga area di mana kami harus memperbaiki diri dan saya rasa trek Austria ini mungkin tidak membuat kami kuat.

"Akan tetapi ini tempat yang indah, dengan banyak pepohonan di sekitarnya meskipun ini trek yang sulit, ini tempat yang asik didatangi.

"Kami akan mencoba menemukan keseimbangan terbaik untuk dua balapan selanjutnya, karena keduanya di Spielberg, dan bertujuan mencapai hasil maksimal yang memungkinkan untuk kami," kata pebalap berusia 42 tahun itu, yang belum juga memutuskan masa depan kariernya di MotoGP.

Baca juga: VR46 panaskan MotoGP tahun depan, Rossi belum putuskan masa depan 
Baca juga: VR46 resmi gandeng Ducati ramaikan MotoGP mulai tahun depan 


Sementara Crutchlow, yang menjadi test driver Yamaha, akan berseragam Petronas Yamaha untuk tiga balapan, mulai akhir pekan ini

Pebalap Inggris itu nyaris berada di podium di Spielberg pada 2018 saat ia finis P4.

Akan tetapi, fokus bagi Cruthclow akhir pekan ini adalah aklimatisasi dengan motor Yamaha dan membuat progres setiap sesi.

"Ini akan menjadi tugas yang terasa sangat berbeda dari apa yang saya lakukan tahun ini sebagai test rider Yamaha," kata Crutchlow yang mengaku tak terlalu menikmati balapan di Red Bull Ring.

"Ini bukan sirkuit yang cepat dan mengalir, ini antara perlunya Anda cepat dan presisi.

"Terkait hasil, saya tidak memiliki target tertentu, tujuan utama saya adalah mencoba lebih baik setiap sesi.

"Saya akan bekerja dengan Ramon Forcada, yang paham betul motor Yamaha... Saya rasa ini akan berjalan dengan baik. Saya hanya perlu memastikan saya melakukan tugas yang baik bagi tim," ungkapnya. 

Baca juga: Petronas SRT tugaskan Crutchlow gantikan Morbidelli di tiga balapan 
Baca juga: Crutchlow gantikan Lorenzo sebagai test rider Yamaha mulai 2021 

 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Rr. Cornea Khairany
Copyright © ANTARA 2021