Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana membuat jalur sepeda pada 2012. Menurut Kepala Bidang Pengkajian dan Pengembangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Abdurrachem di Jakarta, Sabtu, pembuatan jalur sepeda akan dilakukan secara bertahap.

"Saya belum bisa mengatakan kepastiannya, namun saya memprediksikan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membuat jalur sepeda secara bertahap sekitar 2012 dengan melakukan pengkajian secara mendalam," katanya.

Ia menjelaskan, sepeda menjadi kebutuhan masyarakat Jakarta sehingga pihaknya berencana membuat jalur sepeda agar pengguna sepeda merasa nyaman dan aman saat melintasi jalan karena ada jalur khusus untuk sepeda.

Menurut dia, dengan membudayakan sepeda diharapkan Kota Jakarta semakin sejuk, bebas dari polusi, hemat penggunaan bahan bakar minyak, dan badan menjadi sehat.

"Masyarakat Kota Jakarta sejak 2005 sudah membudayakan penggunaan sepeda untuk beraktivitas sehari-hari karena masyarakat sadar akan pentingnya menggunakan sepeda untuk mengurangi polusi dan konsumsi bahan bakar minyak," katanya.
(ANT135/N002)

Pewarta:
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2010