Jakarta (ANTARA News) - Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya (Polda Metro Jaya) menyiagakan personil untuk persiapan rencana pengamanan kedatangan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

"Kita bagian dari petugas yang dilibatkan untuk pengawalan," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa.

Boy menuturkan persiapan pengamanan utama terhadap Obama menjadi kewenangan Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres).

Paspampres dan Komando Daerah Militer (Kodam) Jaya yang akan mengatur pengamanan pada ring satu karena tamu very very important person (VVIP).

Perwira menengah kepolisian itu, menyatakan Polda Metro Jaya juga kemungkinan memfokuskan pengamanan rute kunjungan Obama pada ring dua dan tiga. "Pihak kepolisian akan mengambil peran di situ," ujar Boy.

Boy belum dapat menyebutkan jumlah personil yang turut membantu pengamanan kunjungan Obama karena masih dalam pembahasan.

Sebelumnya, Staf Khusus Presiden bidang Hubungan Internasional, Teuku Faizasyah, Sabtu (30/10), menyebutkan Presiden Barack Obama akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 9-10 November 2010.

"Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Presiden Obama ke Asia dan dilakukan setelah kunjungan ke India dan sebelum kunjungan ke Korea Selatan serta Jepang," kata Faizasyah melalui keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA.
(T014/B010)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2010