Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memprakirakan sebagian wilayah DKI Jakarta akan diguyur hujan ringan dan hujan sedang pada Rabu siang dan malam hari.

Situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Rabu dini hari, menyebutkan, wilayah Jakarta yang akan diguyur hujan sedang, yakni Jakarta Selatan pada siang hari, pada malam hari kawasan itu hanya diguyur hujan ringan.

Sementara Jakarta Timur dan Jakarta Barat hanya hujan ringan dan pada malam harinya berawan.

Di Jakarta Pusat dan Jakarta Utara sejak Rabu pagi hingga malam hari berawan serta Kepulauan Seribu pada pagi hari berawan, pada siang hingga malam harinya hujan ringan.

Di wilayah lainnya, Depok hanya juga ringan pada siang hari, Tangerang hujan sedang pada siang hari dan Bogor hujan sedang pada siang hari, sementara Bekasi sejak pagi hingga malam hari berawan.

Sebelumnya, BMKG juga memprediksi cuaca ekstrem akan melanda Jakarta hingga Maret 2011 karena adanya fenomena global La Nina berskala moderat hingga kuat yang masih dominan.

"Dengan suhu permukaan laut di perairan Indonesia yang masih relatif hangat, potensi curah hujan dengan intensitas tinggi di Indonesia diprediksi akan berlangsung hingga Maret 2011," kata Kepala BMKG Sri Woro Budiyanti Harjono pada Kamis (28/10).

Curah hujan yang lebih lebat daripada tahun-tahun sebelumnya itu juga diperkirakan akan menimbulkan potensi banjir yang lebih besar dibandingkan biasanya. BMKG menyarankan pemerintah pusat dan daerah, untuk melakukan persiapan-persiapan dalam mengantisipasi hal tersebut.

"Cuaca tahun ini super ekstrim. Lebih dari biasanya. Banjir sepertinya lebih besar karena massa air yang bertambah. Pemda harus siaga," ujar Sri.

Tiga hal penyebab cuaca ekstrim itu dipaparkan Kepala BMKG adalah adanya gangguan di Samudera Pasifik, gangguan di Samudera Hindia, dan kondisi atmosfer Indonesia yang juga mengalami anomali, sehingga kelembaban udara tinggi menyebabkan hujan terjadi hampir sepanjang tahun.(*)
(T.S037/Z002/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010