Denpasar (ANTARA News) - Hermin Jaya, pebalap sepeda Indonesia yang tergabung dalam tim Polygon Sweet Nice meraih kaos kuning atau pemimpin klasemen umum perorangan Speedy Tour d`Indonesia.

Hermin berhasil membubuhkan cacatan waktu rata-rata tercepat pada etape kesembilan yang berakhir di depan Monumen Bajra Sandhi Lapangan Puputan Renon, Denpasar, Bali, Selasa.

Dengan hasil tersebut, pebalap itu berhak menyandang "yellow jersey" (kaos kuning) karena memenangkan pimpinan klasemen umum perorangan. Hermin berhasil mencatatkan waktu tercepat 25:15:54 dibandinglan 91 pebalap lainnya.

Selain mampu merebut kaos kuning, Hermin juga berhak menyandang kaos merah putih atau menjadi pemuncak klasemen pebalap perorangan nasional.

Keberhasilan Hermin meraih kaos merah putih itu bukan yang pertama kalinya, sebab pada etape ketiga dia pun pernah meraihnya.

"Tim kami memang konsentrasi untuk mempertahankan kaos kuning. Selama jalannya perlombaan kami terus saling mendukung agar mampu meraih target," kata Hermin Jaya, usai menerima kaos kuning.

Menurut dia, meraih kaos kuning merupakan impian semua pebalap. Hanya saja untuk meraih kaos yang menandakan pimpinan klasemen itu harus kerja keras dan konsisten selama mengikuti perlombaan.

Hasil itu, kata dia, merupakan buah kerja sama dan dukungan dari seluruh tim pendukung dan pebalap PSN.

Sementara untuk pemegang kaos hijau atau pebalap tercepat dari beberapa titik sprint yang dilalui hingga etape IX Gilimanuk-Denpasar, dipegang oleh Budi Santoso dari tim United Bike Kencana.

Sementara itu pebalap PSN Surabaya yang telah mendominasi klasemen umum perorangan, juga berhasil menguasai klasemen umum tim, baik nasional maupun secara keseluruhan.

Persaingan ketat diperkirakan akan berlangsung di antara para pebalap yang ikut dalam perlombaan tahunan PT Telkom Indonesia itu pada etape X atau terakhir yang dijadwalkan melintasi beberapa ruas jalan di Kota Denpasar, Rabu (3/11).(*)

(ANT-262/T007/R009)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2010