Perlengkapan sebelum lakukan "road trip" saat kondisi memungkinkan

Perlengkapan sebelum lakukan "road trip" saat kondisi memungkinkan

Ilustrasi orang melakukan road trip (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Pandemi COVID-19 yang sudah berlangsung setahun lebih mungkin menyulitkan Anda keluar rumah apalagi berlibur terutama ketika harus bepergian menggunakan transportasi umum. 

Sebagian orang pun melirik kegiatan road trip atau perjalanan menggunakan kendaraan mobil pribadi dengan tujuan untuk menyusuri titik-titik di daerah yang dituju. Kegiatan ini bahkan diprediksi akan booming di tahun 2021.

Anda yang berencana melakukan road trip sebagai alternatif liburan saat situasi sudah memungkinkan perlu mempersiapkan sejumlah hal untuk mendukung kegiatan yang identik dengan petualangan ini.

EIGER Adventure Service Team (EAST) melalui siaran persnya, Senin merekomendasikan lima hal, salah satunya travel bag organizer. Benda ini memudahkan Anda dalam membawa banyak barang dengan rapi sehingga mudah dalam mencari barang. Sebaiknya pisahkan barang-barang yang dibawa sesuai kebutuhannya, per kegiatan, ataupun per hari dalam perjalanan tersebut.

Kedua, car organizer. Dalam kegiatan road trip, waktu akan habis terpakai di dalam mobil. Agar memudahkan dalam perjalanan, EAST menyarankan Anda untuk membuat kondisi mobil serapi mungkin, salah satunya menggunakan car organizer yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang esensial selama perjalanan.

Ketiga, masker dan hand sanitizer. Sejak pandemi COVID-19 melanda, Anda diingatkan selalu menerapkan protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker dan mencuci tangan dengan air dan sabun atau hand sanitizer.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan orang-orang mengenakan masker dobel yakni masker medis sebagai lapisan pertama dan masker kain pada lapis kedua.

Selain itu, hand sanitizer juga salah satu barang yang wajib dibawa dalam bepergian. Supaya tidak mudah tertinggal, hand sanitizer dapat digantungkan di holder pouch.

Perlengkapan lain yang juga perlu Anda siapkan yakni alat makan multifungsi yang terdiri dari garpu, sendok, pisau, pembuka botol atau kaleng, pembuka sumbat botol, reamer, dan gantungan kunci.

Pihak EAST merekomendasikan alat ini untuk dibawa saat eksplorasi di hutan maupun dalam perjalanan.

Terakhir, jangan lupa membawa botol air minum, sebagai salah satu cara untuk mengurangi sampah plastik. Saat ini tersedia botol air minum yang memiliki fitur double wall vacuum insulated yang memungkinkan untuk menjaga minuman agar tetap panas atau dingin selama kurang lebih 12 jam.

Baca juga: Libur panjang akhir pekan, ini tips staycation aman dan sesuai kantong

Baca juga: Tips wisata di kala pandemi menurut Nicholas Saputra

Baca juga: Empat tips liburan seru bareng keluarga di rumah aja

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar